Tautan-tautan Akses

Malaysia: Tak Ada Puing Pesawat di Lokasi Gambar Satelit China


Direktur Jenderal Badan Penerbangan Sipil Malaysia (DCA) Datuk Azharuddin Abdul Rahman pada sebuah jumpa pers (9/3). (Reuters/Edgar Su)

Direktur Jenderal Badan Penerbangan Sipil Malaysia (DCA) Datuk Azharuddin Abdul Rahman pada sebuah jumpa pers (9/3). (Reuters/Edgar Su)

Pejabat Malaysia mengatakan pesawat-pesawat terbang mendatangi daerah di Laut China Selatan itu Kamis (13/3), tetapi tidak mendapati apapun.

Direktur Jenderal Badan Penerbangan Sipil Malaysia mengatakan tidak ada tanda puing-puing di sebuah tempat yang lewat gambar-gambar satelit China menunjukkan kemungkinan benda yang terapung dalam air, dekat lokasi terakhir yang diketahui dari sebuah pesawat penumpang Malaysia yang hilang.

Datuk Azharuddin Abdul Rahman mengatakan pesawat-pesawat terbang mendatangi daerah di Laut China Selatan itu Kamis (13/3), tetapi tidak mendapati apapun.

Para pejabat Vietnam mengatakan daerah itu sudah diselidiki dengan seksama sebelumnya.

China mengungkapkan gambar-gambar itu Rabu kepada media pemerintah dengan mengatakan gambar-gambar itu menunjukkan tiga benda yang agak besar terapung antara Malaysia dan ujung selatan Vietnam.

Foto-foto itu diambil Minggu, sehari setelah Boeing 777 itu hilang, dan mencakup satu daerah dekat lintasan penerbangan semula menuju China.

Kapal-kapal dan pesawat terbang dari 12 negara turut dalam pencarian luas yang meliput 93 ribu kilometer persegi perairan di kedua sisi Malaysia.

Ada 239 orang dalam pesawat bernomor penerbangan MH370 itu ketika menghilang Sabtu dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Sementara itu, Wall Street Journal melaporkan hari Kamis (13/3) bahwa peneliti Amerika menduga pesawat Malaysia Airlines tetap di udara selama empat jam setelah melewati lokasi terakhir yang diketahui melalui Teluk Thailand.

Laporan itu mengatakan keyakinan ini didasarkan pada data yang secara otomatis dikirim oleh mesin pesawat itu ke darat, dan menunjukkan pesawat itu bisa terbang sejauh 4.000 kilometer lagi.

Tambahan empat jam di udara akan menempatkan pesawat jauh di luar area pencarian, kemungkinan mencapai daerah Laut Arab, Samudera Hindia atau Samudera Pasifik.
XS
SM
MD
LG