Tautan-tautan Akses

Malaysia Rilis Laporan Pendahuluan soal Pesawat Hilang


Subas Chandran, pejabat Malaysia Airlines (tengah) saat memberikan laporan pendahuluan mengenai pesawat MH370, Kamis (1/5).

Subas Chandran, pejabat Malaysia Airlines (tengah) saat memberikan laporan pendahuluan mengenai pesawat MH370, Kamis (1/5).

Pihak berwenang Malaysia menyadari bahwa Malaysian Airlines dengan nomor penerbangan MH370 dari Kuala Lumpur menuju Beijing tidak tertangkap radar.

Dibutuhkan waktu 17 menit bagi pihak berwenang untuk menyadari bahwa Malaysian Airlines dengan nomor penerbangan MH370 tidak tertangkap radar.

Informasi itu terungkap dalam laporan pendahuluan yang dirilis Kamis (1/5) oleh pemerintah Malaysia.

Laporan itu juga mengatakan, dibutuhkan waktu berjam-jam sebelum operasi SAR resmi digelar untuk mencari pesawat penumpang yang hingga saat ini masih hilang itu.

MH370 mengangkut 239 orang ketika menghilang dalam penerbangan tanggal 8 Maret dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Laporan lima halaman, yang dikirim bulan lalu ke Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) itu, juga merekomendasikan kepada badan PBB itu agar mempertimbangkan untuk memberlakukan standar pelacakan hampir seketika pesawat transportasi udara komersial untuk mencegah kejadian seperti ini terulang kembali.

Juga hari Kamis, pihak Malaysian Airlines menyarankan kepada sanak saudara keluarga yang berada dalam pesawat yang hilang itu, yang tinggal di hotel-hotel yang disediakan perusahaan itu, untuk pulang ke rumah dan menunggu perkembangan dari usaha pencarian.

Perusahaan itu juga mengatakan akan segera mulai memberikan pembayaran kompensasi bagi keluarga para korban.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG