Tautan-tautan Akses

Malaysia Lepaskan 6.000 Nyamuk dalam Eksperimen Demam Berdarah


Pemerintah Malaysia melepaskan nyamuk yang gennya telah diubah dengan harapan membantu pemberantasan demam berdarah.

Pemerintah Malaysia melepaskan nyamuk yang gennya telah diubah dengan harapan membantu pemberantasan demam berdarah.

Pemerintah Malaysia menyatakan eksperimennya yang mengundang protes organisasi lingkungan tersebut, telah berakhir dengan sukses.

Organisasi-organisasi lingkungan di Malaysia menyatakan keberatan setelah pemerintah mengatakan bahwa pihaknya telah melepaskan 6.000 ekor nyamuk yang gennya telah diubah, dalam eksperimen yang kontroversial, dengan tujuan melawan demam berdarah.

Pihak berwenang mengumumkan bahwa nyamuk-nyamuk dilepaskan pada tanggal 21 Desember di daerah yang tidak berpenduduk di negeri Pahang. Pemerintah Malaysia menambahkan eksperimen dengan nyamuk tersebut berakhir dengan sukses dua minggu kemudian. Pemerintah berharap untuk memberantas kelak serangga yang membawa penyakit demam berdarah melalui penyebaran nyamuk yang gennya telah diubah, yang masa hidup keturunannya telah dikurangi.

Tetapi, organisasi-organisasi lingkungan memrotes pelepasan nyamuk itu, Rabu, dengan alasan eksperimen tersebut dapat menimbulkan dampak sampingan. Mereka juga mengeluhkan tidak adanya pemberitahuan dari pemerintah sebelum eksperimen yang pertama kalinya di Asia itu berlangsung.

Pihak berwenang mengatakan eksperimen mereka tidak merusak karena nyamuk tersebut hanya dapat hidup selama beberapa hari. Demam berdarah menewaskan paling sedikit 134 orang di Malaysia tahun lalu.

XS
SM
MD
LG