Tautan-tautan Akses

Malaysia Laporkan Kasus Pertama Ibu Hamil Terinfeksi Zika


Peringatan perjalanan terkait virus Zika di bandara internasional Kuala Lumpur International Airport di Sepang, Malaysia, 28 Agustus 2016 (Foto: dok).

Peringatan perjalanan terkait virus Zika di bandara internasional Kuala Lumpur International Airport di Sepang, Malaysia, 28 Agustus 2016 (Foto: dok).

Negara kota itu diketahui mengalami wabah Zika, dan sejauh ini telah mencatat adanya 275 kasus Zika.

Malaysia melaporkan kasus pertama perempuan hamil yang tertular virus Zika. Menteri Kesehatan S. Subramaniam mengatakan kepada wartawan, perempuan bersuami yang berusia 27 tahun itu tinggal di Johor, negara bagian di Malaysia selatan yang berbatasan dengan Singapura. Negara kota itu diketahui mengalami wabah Zika, dan sejauh ini telah mencatat adanya 275 kasus Zika.

Subramaniam mengatakan tidak jelas bagaimana perempuan hamil sekitar empat bulan itu tertular penyakit yang disebarkan nyamuk itu. Zika diketahui bisa mengakibatkan mikrosefali, kondisi cacat lahir yang parah yang dicirikan oleh ukuran kepala yang lebih kecil dari normal. Zika juga diduga bisa mengganggu pertumbuhan bayi.

Subramaniam mengatakan perempuan itu bepergian ke Singapura baru-baru ini, sementara suaminya pulang pergi Malaysia-Singapura karena pekerjaan.

Malaysia melaporkan kasus pertama Zika pekan lalu setelah seorang perempuan berusia 58 tahun yang belum lama ini pergi ke Singapura terdiagnosa tertular virus tersebut. Sementara itu, Malaysia melaporkan kasus pertama penularan Zika di dalam negeri hari Minggu lalu. [gp]

XS
SM
MD
LG