Tautan-tautan Akses

Malaysia Kukuhkan Kasus Pertama Zika


Nyamuk Aedes aegypti dalam tabung gelas di salah satu laboratorium penelitian virus Zika di Rio de Janeiro, Brazil (Foto: dok).

Nyamuk Aedes aegypti dalam tabung gelas di salah satu laboratorium penelitian virus Zika di Rio de Janeiro, Brazil (Foto: dok).

Kementerian Kesehatan Malaysia mengatakan perempuan berusia 58 tahun ini terbukti positif mengidap virus tersebut lewat tes urin yang dijalaninya. Perempuan tersebut menderita peradangan kulit sepekan setelah pulang dari Singapura.

Kementerian Kesehatan Malaysia mengatakan seorang perempuan yang belum lama ini berpergian ke Singapura telah dinyatakan positif tertular virus Zika. Pengumuman ini merupakan pengukuhan kasus pertama penyakit yang disebarkan nyamuk tersebut di Malaysia.

Kementerian itu mengatakan, perempuan berusia 58 tahun ini terbukti positif mengidap virus tersebut lewat tes urin yang dijalaninya. Perempuan tersebut menderita peradangan kulit sepekan setelah pulang dari Singapura.

Para pejabat kesehatan Malaysia mengatakan, putri perempuan tersebut, yang selama ini tinggal di Singapura, juga tertular Zika. Kementerian Kesehatan meyakini virus itu dibawa dari Singapura karena perempuan tersebut mulai mengalami gejala-gejala penyakit tersebut bersamaaan dengan putrinya.

Zika menimbulkan efek ringan pada kebanyakam orang namum bisa berakibat fatal bagi janin. Virus ini bisa mengakibatkan mikrosefali, kondisi di mana bayi lahir dengan kepala lebih kecil dan perkembangan otak yang tidak normal. [ab/lt]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG