Tautan-tautan Akses

Malaysia Bergolak Tolak RUU Larangan Demo di Jalan


Para pengacara Malaysia berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa di Kuala Lumpur (29/11).

Para pengacara Malaysia berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa di Kuala Lumpur (29/11).

Ratusan warga Malaysia berdemo mengelilingi gedung parlemen di Kuala Lumpur menjelang pemungutan suara RUU 'Berkumpul dengan Damai'.

Ratusan warga Malaysia turun ke jalan-jalan hari Selasa untuk memprotes RUU mengenai larangan berdemonstrasi di jalan-jalan.

Para demonstran itu berpawai ke gedung parlemen di Kuala Lumpur menjelang pemungutan suara mengenai RUU yang disebut Undang-undang Berkumpul dengan Damai, dengan mengatakan undang-undang tersebut merupakan serangan terhadap kebebasan mengeluarkan pendapat.

RUU itu akan mengizinkan orang berkumpul di tempat-tempat umum seperti stadion, tetapi melarang orang berpawai tanpa memperoleh izin sebelumnya. Para pengurus demonstrasi di jalan-jalan diharuskan mengajukan permohonan izin resmi 10 hari sebelum demonstrasi dilaksanakan.

Koalisi yang berkuasa di Malaysia pimpinan PM Malaysia Najib Razak mengajukan RUU tersebut pekan lalu. Beberapa pengacara mengatakan RUU tersebut diajukan terburu-buru dan akan memberi pihak kepolisian kekuasaan terlalu besar. Pihak kepolisian akan menetapkan apakah waktu, tanggal dan lokasi demonstrasi yang diusulkan itu dapat diterima.

Amnesty Internasional menyebut Undang-undang Berkumpul dengan Damai itu sebagai serangan hukum terhadap hak warga Malaysia untuk melakukan demonstrasi damai.

XS
SM
MD
LG