Tautan-tautan Akses

Malawi Lantik Presiden Baru


Presiden baru Peter Mutharika Senin (2/6) memberikan pidato usai pelantikan di stadion Kamuzu, Blantyre, Malawi (2/6).

Presiden baru Peter Mutharika Senin (2/6) memberikan pidato usai pelantikan di stadion Kamuzu, Blantyre, Malawi (2/6).

Presiden baru Malawi Peter Mutharika hari Senin (2/6) dilantik setelah memenangkan pemilu yang diperdebatkan pendahulunya.

Presiden baru Peter Mutharika Senin (2/6) mengatakan kepada para pendukungnya di stadium Blantyre bahwa ia ingin melakukan rekonsiliasi dengan mantan Presiden Joyce Banda, yang tuntutannya agar diselenggarakannya pemilu baru ditolak oleh pengadilan tinggi Malawi.

Presiden baru itu mengatakan “saya datang menemuinya dengan maksud berdamai”, tetapi tambahnya “jangan gagalkan hal ini”.

Peter Mutharika yang berusia 74 tahun adalah abang mendiang presiden Bingu Wa Mutharika yang meninggal tahun 2012 lalu, yang digantikan oleh Wakil Presiden Joyce Banda.

Presiden baru ini masih menghadapi tuntutan makar karena dugaan merencanakan kudeta setelah abangnya meninggal. Juru bicara Partai Rakyat Demokratik pimpinan Presiden Peter Mutharika, hari Minggu mengatakan kepada VOA, ia berharap tuntutan itu akan dicabut dengan sendirinya.

Ia juga menambahkan bahwa Mutharika akan mengungkap kabinet yang sebagian besar adalah kelompok teknokrat akhir pekan ini.

Presiden Peter Mutharika adalah presiden keempat Malawi sejak negara itu menganut demokrasi multi partai tahun 1994 lalu.
XS
SM
MD
LG