Tautan-tautan Akses

Malawi Lantik Presiden Baru


Presiden Peter Mutharika menandatangani buku setelah diambil sumpahnya di Pengadilan Tinggi di Blantyre, Malawi (31/5).

Presiden Peter Mutharika menandatangani buku setelah diambil sumpahnya di Pengadilan Tinggi di Blantyre, Malawi (31/5).

Pemimpin Partai Progresif Demokratik, Peter Mutharika (74 tahun) diambil sumpahnya sebagai Presiden, Sabtu (31/5), di kota pusat perniagaan, Blantyre, Malawi.

Peter Mutharika telah diambil sumpahnya sebagai presiden baru Malawi. Pemimpin Partai Progresif Demokratik yang berusia 74 tahun itu diambil sumpahnya hari Sabtu di kota pusat perniagaan, Blantyre.

Mutharika mengatakan dalam pidato singkat bahwa tugas utamanya adalah mempersatukan rakyat Malawi setelah pertikaian berlarut-larut mengenai masalah pemilu. Ia mengundang para pesaingnya untuk membantunya membangun kembali negara tersebut.

Hari Jumat, para pejabat pemilu menetapkan Mutharika sebagai pemenang pemilihan presiden pekan lalu yang disengketakan, setelah mengalahkan Joyce Banda, presiden yang sedang menjabat.

Komisi Pemilihan Malawi mengumumkan hasil itu hanya beberapa jam setelah para demonstran yang menuntut penghitungan ulang suara bentrok dengan polisi di Mangochi, kota di bagian selatan. Kekerasan itu menyebabkan paling sedikit satu orang tewas.

Penghitungan akhir menunjukkan Mutharika hanya menang dengan meraih sedikit di atas 36 persen, dan kandidat dari Partai Kongres Malawi Lazrous Chakwera meraih 29 persen suara. Presiden Banda menduduki tempat ke-tiga dengan perolehan hanya sedikit di atas 20 persen suara.

Upacara pelantikan Mutharika, saudara mendiang presiden Bingu wa Mutharika, akan berlangsung hari Minggu.
XS
SM
MD
LG