Tautan-tautan Akses

Malawi Gelar Pemilu Presiden


Seorang warga menerima tanda tinta di jarinya seusai mengikuti pemungutan suara Pemilihan Presiden Malawi di sebuah TPS di Malemia (20/5).

Seorang warga menerima tanda tinta di jarinya seusai mengikuti pemungutan suara Pemilihan Presiden Malawi di sebuah TPS di Malemia (20/5).

Lebih dari 7 juta orang diperkirakan akan memberikan suara dalam pemilihan presiden yang bersaing ketat di Malawi, Selasa (20/5)

Rakyat Malawi memberikan suara untuk memilih presiden berikutnya, Selasa (20/5), dengan pemimpin saat ini Joyce Banda menghadapi 11 penantang dalam upayanya memenangkan masa jabatan baru.

Lebih dari 7 juta orang diperkirakan akan memberikan suara dalam pemilihan yang bersaing ketat.

Presiden Banda telah memimpin Malawi sejak 2012 ketika pendahulunya, Bingu wa Mutharika, meninggal ketika menjabat.

Joyce Banda menghadapi 11 penantang dalam upayanya meraih masa jabatan baru. Penantang utamanya termasuk saudara laki-laki Mutharika, Peter, mantan ulama Lazarus Chakwera, dan Atupele Muluzi, putra mantan presiden Malawi Bakili Muluzi. Ketiga partai mereka telah memenangkan kursi kepresidenan sebelumnya.

Para calon menyoroti isu-isu ekonomi dalam kampanye mereka untuk memimpin negara miskin itu.

Pemungutan suara tertunda beberapa jam, Selasa (20/5) di beberapa daerah, termasuk di ibukota komersial, Blantyre. Surat suara juga mencantumkan pemilihan anggota parlemen dan dewan.

Ketua komisi pemilu, Hakim Maxon Mbendera mengatakan kepada VOA bahwa pemilihan akan berlangsung kredibel dan terbuka, meskipun ada kekhawatiran mengenai daftar pemilu yang baru.

Sebagian oposisi dan kelompok masyarakat madani menyatakan ada ketidaktepatan dalam daftar baru para pemilih yang mungkin dapat merusak kredibilitas pemilihan ini.
XS
SM
MD
LG