Tautan-tautan Akses

Maladewa Lantik Presiden Baru


Presiden terpilih Maladewa, Yaamin Abdul Gayoom membaca sumpah jabatan saat pelantikan di ibukota Male, hari Minggu (17/11).

Presiden terpilih Maladewa, Yaamin Abdul Gayoom membaca sumpah jabatan saat pelantikan di ibukota Male, hari Minggu (17/11).

Presiden terpilih Yaamin Abdul Gayoom dan wakilnya, Mohamed Jameel dilantik oleh Hakim Agung Maladewa pada hari Minggu (17/11) di ibukota Male.

Maladewa melantik Presiden baru, sehari setelah kemenangan yang mengejutkan, yang mengakhiri kekisruhan politik selama hampir dua tahun.

Yaamin Abdul Gayoom dan wakilnya, Mohamed Jameel, dilantik hari Minggu oleh Hakim Agung negara itu.

8 Hari lalu, dalam pemilihan presiden putaran pertama di Maladewa, saingan Gayoom, Mohamed Nasheed, memperoleh 47 persen suara, kurang sedikit dari 50 persen suara mayoritas yang dibutuhkan untuk menang langsung.

Pemilihan putaran kedua akan dilangsungkan keesokan harinya, tetapi Mahkamah Agung menunda pemilihan itu seminggu karena kandidat ke tiga menuntut penundaan itu.

Nasheed menuduh mahkamah agung berusaha menghalanginya kembali ke kekuasaan setelah ia mundur dibawah todongan senjata tahun lalu. Namun, setelah kekalahan hari Sabtu yang membuatnya kesal, Nasheed mengaku kalah dan menyatakan ia senang Maladewa akhirnya secara demokratis memilih presiden. Ia menghadiri pelantikan hari Minggu itu.

Gayoom adalah adik mantan orang kuat Maladewa Maumoon Abdul Gayoom, yang berkuasa di negara kepulauan itu dengan tangan besi selama 30 tahun sebelum dikalahkan dalam pemilu tahun 2008 oleh Nasheed.
XS
SM
MD
LG