Tautan-tautan Akses

Makin Kecil Harapan Temukan Korban Kapal Pesiar yang Selamat


Upaya penyelamatan dihentikan hari Rabu setelah batu-batu merobek lambung kapal pesiar Costa Concordia.

Upaya penyelamatan dihentikan hari Rabu setelah batu-batu merobek lambung kapal pesiar Costa Concordia.

Upaya penyelamatan dihentikan Rabu, setelah posisi kapal pesiar itu mulai bergeser ke arah batu-batu yang merobek lambung kapal.

Keluarga korban yang cemas terus berharap tim penyelamat akan menemukan lebih banyak korban yang selamat dari kapal pesiar yang kandas di lepas pesisir barat laut Italia.

Para pejabat menghentikan pencarian korban kapal Costa Concordia hari Rabu, setelah posisi kapal pesiar itu mulai bergeser ke arah batu-batu yang merobek lambung kapal hingga ke ujungnya.

Tim penyelam menguraikan sulitnya kondisi di dalam kapal pesiar yang setengah tenggelam itu, dan beberapa pejabat Italia mengatakan pencarian tambahan akan tergantung pada kondisi cuaca yang terus berubah-ubah. Cuaca juga memicu keprihatinan tentang kemungkinan bencana lingkungan.

Menteri Lingkungan Hidup Italia Corrado Clini hari Rabu mengatakan kerusakan bisa menjadi parah jika sekitar 2.400 ton BBM mulai bocor. Ia mengatakan berbagai upaya untuk mengeluarkan BBM itu dapat dimulai begitu upaya pencarian korban selamat berakhir dan kondisi cuaca stabil.

Sementara itu, tim jaksa Italia mengatakan mereka ingin agar kapten kapal Costa Concordia dipenjarakan lagi.

Francesco Schettino kini dikenakan tahanan rumah, menghadapi beberapa tuduhan pembunuhan tanpa direncanakan dan meninggalkan kapal sebelum semua penumpang diselamatkan. Tetapi jaksa Francesco Verusio hari Rabu mengatakan para pejabat ingin “menghindari situasi di mana Schettino bisa lari dari tanggungjawab”.

Kuasa hukum Francesco Schettino membela kapten kapal itu dalam konferensi pers hari Rabu dengan mengatakan, kliennya “tidak pernah meninggalkan lokasi”. Bruno Leporatti juga mengatakan, bertentangan dengan berita-berita di media Italia, Schettino “sangat terpukul” dengan kecelakaan itu.

XS
SM
MD
LG