Tautan-tautan Akses

Makanan Manis Favorit di Amerika


Karyawan lembaga-lembaga pemerintah di Washington DC sedang mengantri untuk membeli cupcake keliling, Curbside Cupcake. Truk 'manis' ini merupakan ide dua teman, Kristi Cunningham dan Sam Whitfield.

Karyawan lembaga-lembaga pemerintah di Washington DC sedang mengantri untuk membeli cupcake keliling, Curbside Cupcake. Truk 'manis' ini merupakan ide dua teman, Kristi Cunningham dan Sam Whitfield.

Makanan manis apa yang menjadi favorit warga Amerika? Cupcake, yang dulunya hanya disukai anak-anak, kini juga menjadi salah satu favorit orang dewasa di Amerika.



Kudapan-kudapan manis punya tempat istimewa di hati masyarakat Amerika. Walaupun banyak warga Amerika setuju dengan World Health Organization bahwa makanan manis adalah salah satu penyebab obesitas, pada kenyataannya, bisnis makanan manis di Amerika merupakan bisnis yang manis. Bahkan beberapa makanan manis sempat menjadi tren besar di Amerika.

Siapa yang tak kenal donat? Kue bulat yang digoreng dengan lubang di tengahnya, atau diisi krim atau jelly, merupakan salah satu makanan manis yang populer di Amerika. Pada tahun 2009, total penjualan donat yang hanya dijual oleh supermarket di Amerika adalah sekitar 500 juta dolar Amerika atau sekitar 4,5 trilyun rupiah. Dan jumlah tersebut belum termasuk hasil penjualan donat di toko-toko kue.

Di Amerika, donat, yang popular disantap dengan secangkir kopi, ternyata dapat disajikan dan disantap dengan berbagai cara. Kate Honeyman, koki pastry dari Buddakan, sebuah restaurant Asia di Philadelphia, menyatakan donat yang populer di kalangan pengunjung restorannya adalah Dip Sum Doughnuts, yaitu kue donat mini berselimutkan gula halus dan kayu manis bubuk yang disajikan hangat dalam kotak karton makanan Cina, lengkap dengan berbagai jenis saus, yaitu coklat, krim keju dan jahe, juga selai buah blackberry.

Selain donat, makanan manis lainnya yang menjadi trend di Amerika adalah cupcake alias kue mangkok. Kue dengan berbagai rasa dari vanilla, coklat, dan masih banyak lagi, dengan ukuran individual yang lengkap dengan krim frosting berbagai rasa di atasnya ini sudah beredar sejak dekade-dekade lalu di kalangan anak-anak. Tapi baru beberapa tahun terakhir ini, cupcake mulai digemari oleh orang dewasa.

Salah satu toko kue yang terkenal menjual cupcake di Amerika adalah Magnolia Bakery di kota New York. Tidak heran jika banyak turis lokal dan international yang sengaja mengunjungi kota New York untuk mencicipi cupcake dari Magnolia Bakery.

Kesuksesan cupcake juga dirasakan oleh toko kue lainnya, contohnya Cupcakes Actually di Virginia, yang berdasarkan The Washington Post adalah salah satu toko kue dengan cupcake terbaik di daerah Washington DC. Kakak beradik Jennifer Neiman bersama dengan saudara perempuannya Susan Woodhouse membuka Cupcakes Actually satu tahun lalu, di tengah-tengah masa resesi, dan mereka menyatakan mereka sendiri kaget hanya dalam kurun waktu sembilan bulan, mereka telah menjual lebih dari 500.000 cupcakes.

Menurut mereka, tidak hanya cupcake popular karena ukurannya yang individual dapat memuaskan orang akan keinginan untuk makanan manis, tapi juga pilihan rasa yang sangat beragam.

Saat ini di Amerika, cupcake tidak hanya dijual di toko kue atau supermarket, tapi juga dijual menggunakan mobil atau truk. Salah satu yang popular di Washington DC adalah Curbside Cupcakes, usaha dua orang teman. Mereka adalah Kristi Cunningham, seorang konsultan bisnis, dan Sam Whitfield, seorang pengacara. Mereka berdua mulai berkeliling di daerah Washington DC sejak bulan November tahun 2009.

Karena ide cemerlang Kristi dan Sam, saat ini cupcake semakin mudah didapat oleh penggemarnya di Washington DC.

Jennifer Neiman menambahkan kepopuleran cupcakes bisa dilihat dari wajah para penggemarnya, baik tua maupun muda, saat mengantri yang mirip seperti anak kecil melihat Sinterklas dengan ribuan kado saat Natal tiba.

Satu makanan manis yang mulai dikenal oleh masyarakat Amerika saat ini, dan macaron atau yang juga disebut French macaroon atau macaroon ala Perancis. Berbeda dengan macaroon ala Amerika, yang berbentuk bulat dengan rasa kelapa yang garing, French macaroon ini berbentuk seperti cookies sandwich yang dibuat dari gula, kacang almon, dan putih telur, dengan isi krim berbagai rasa, seperti coklat, kopi, caramel, raspberry, orange, kayu manis, selai kacang, dan jelly. French macaroon ini berukuran mini yang dapat langsung dinikmati dalam satu gigitan, karena macaroon sangat lembut, maka akan meleleh dalam mulut.

Rande Janus adalah seorang pembuat macaroon yang menjualnya di toko Wine Cabinet miliknya di daerah Virginia. Ia menambahkan bahwa macaron memiliki kopopuleran yang mirip dengan minuman anggur, karena tidak dikonsumsi semua orang. Tapi jika seseorang menyukai makan di restoran kelas atas, ia pasti juga akan menyukai macaroon.

Seperti itulah tren makanan manis di Amerika saat ini yang disukai baik anak-anak maupun orang dewasa. Apakah makanan manis favorit Anda? Apa pun itu, selamat menikmati!

XS
SM
MD
LG