Tautan-tautan Akses

AS

Majelis Senat AS yang Dikuasai Demokrat Tolak Pembangunan Pipa Minyak


Gedung DPR Amerika, Capitol Hill di Washington DC (Foto: dok).

Gedung DPR Amerika, Capitol Hill di Washington DC (Foto: dok).

Para penganjur proyek itu membutuhkan 60 suara dalam majelis Senat yang beranggotakan 100 orang itu untuk meneruskan rancangan itu ke Gedung Putih.

Majelis Senat Amerika yang dikuasai partai Demokrat telah menolak rancangan undang-undang yang bertujuan untuk memaksa penyelesaian pipa saluran minyak dari Kanada-ke-Texas yang menjadi pangkal sengketa lingkungan yang tajam.

Para penganjur proyek itu membutuhkan 60 suara dalam majelis Senat yang beranggotakan 100 orang itu untuk meneruskan rancangan itu ke Gedung Putih, dimana Presiden Barack Obama telah mengancam akan memvetonya. Majelis DPR yang didominasi Republik dengan suara besar telah menyetujui rancangan itu pekan lalu.

Hasil terakhir penghitungan suara Senat hari Selasa adalah 59 lawan 41, yang segera mendorong Senator dari partai Republik Mitch McConnell mengatakan ia pasti akan mengadakan pemungutan suara lagi awal tahun depan, ketika golongan Republik akan menguasai kedua majelis Kongres Amerika, dan ia akan menjadi pemimpin mayoritas Senat.

Usul pembangunan pipa saluran sepanjang 1.900 kilometer itu akan membawa minyak dari Kanada ke penyulingan tepi pantai teluk Meksiko, Amerika Serikat.

XS
SM
MD
LG