Tautan-tautan Akses

Majelis Rendah Parlemen Perancis Setujui Kenaikan Usia Pensiun


Parlemen Perancis hari Jumat menyetujui rencana pemerintah untuk menaikkan usia minimum untuk pensiun dari 60 menjadi 62 tahun sebelum tahun 2018.

Majelis rendah parlemen Perancis hari Jumat menyetujui rencana pemerintahan Presiden Sarkozy untuk menaikkan usia minimum pensiun dari 60 menjadi 62 tahun sebelum tahun 2018.

Rancangan itu adalah bagian dari usaha Presiden Nicolas Sarkozy untuk merombak tata pensiun yang terus merugi.

Pemimpin Perancis itu mengatakan ia mau mempertimbangkan amandemen rancangan tersebut untuk melayani dengan lebih baik orang-orang yang mulai bekerja pada usia sangat muda atau orang-orang yang mempunyai pekerjaan yang berat. Tetapi, ia mengatakan usia pensiun harus dinaikkan.

Reformasi pensiun yang diusulkan pemerintah itu telah menyulut protes massal di seluruh negara itu. Lebih dari satu juta orang turun ke jalan-jalan hari Rabu dan para pemimpin serikat buruh telah menyerukan diadakannya pemogokan baru tanggal 23 September mendatang.

Para pekerja Perancis berhak pensiun pada usia 60 sejak tahun 1983, ketika Presiden Sosialis Francois Mitterrand memangku jabatan. Usia pensiun Perancis termasuk di antara yang sangat rendah di antara negara-negara Eropa.

XS
SM
MD
LG