Tautan-tautan Akses

AS

Majalah The Diplomat: AS Terjunkan Pasukan Komando ke Korut


Tentara AS di Korea Selatan dalam latihan militer bersama di Paju, dekat zona demiliterisasi Korsel-Korut, selatan Seoul (22/5).

Tentara AS di Korea Selatan dalam latihan militer bersama di Paju, dekat zona demiliterisasi Korsel-Korut, selatan Seoul (22/5).

The Diplomat, jurnal politik yang berbasis di Tokyo mengungkapkan program komando AS di Korut terkait pengintaian instalasi militer bawah tanah, Senin (28/5).

Para pejabat militer Amerika membantah laporan yang memberi indikasi bahwa pasukan komando Amerika telah diterjunkan ke Korea Utara untuk mengumpul informasi intelijen mengenai instalasi militer bawah tanah Pyongyang.

The Diplomat, jurnal politik yang berbasis di Tokyo, hari Senin memuat laporan terkait seorang panglima operasi khusus Amerika yang mengungkapkan program komando tersebut dalam konferensi di Florida pekan lalu.

Kolonel Jonathan Withington, seorang jurubicara Pasukan Amerika di Korea, membantah berita itu ketika dihubungi oleh VOA hari Selasa (29/5). Withington mengatakan laporan itu terlalu membesar-besarkan komentar Brigjen Angkatan Darat Neil Tolley, dan mengatakan sebagian dari kutipan media tersebut merupakan rekayasa.

The Diplomat mengutip Tolley mengatakan bahwa baik komando Amerika maupun Korea Selatan sedang melakukan misi pengintaian, yang katanya bertujuan untuk mengungkapkan informasi mengenai ribuan terowongan yang dibangun Pyongyang sejak perang Korea.

Kolonel Withington mengatakan sudah diketahui luas bahwa Korea Utara menggunakan terowongan untuk menyembunyikan operasi militer rahasia. Tetapi, ia mengatakan pasukan Amerika atau Korea Selatan tidak pernah diterjunkan ke Korea Utara untuk melakukan pengintaian khusus.

Penulis laporan dalam the Diplomat itu, David Axe, membantah anggapan bahwa ia merekayasa kutipan yang diperoleh dari Jenderal tersebut.
XS
SM
MD
LG