Tautan-tautan Akses

Majalah Glamour Pilih Bono Jadi 'Pria Tahun Ini'


Bintang rock Irlandia dan aktivis Bono bersaksi di gedung Kongres AS di Washington mengenai konsekuensi ekstremisme dengan kekerasan dan peran bantuan luar negeri, April 2016. (AP/Andrew Harnik)

Bintang rock Irlandia dan aktivis Bono bersaksi di gedung Kongres AS di Washington mengenai konsekuensi ekstremisme dengan kekerasan dan peran bantuan luar negeri, April 2016. (AP/Andrew Harnik)

Bono telah meluncurkan kampanye untuk membantu perempuan-perempuan paling miskin di dunia mendapatkan akses yang lebih baik terhadap pendidikan, layanan kesehatan dan peluang bisnis.

Bintang rock asal Irlandia, Bono, mendapat gelar baru: "Pria Tahun Ini" dari majalah Glamour.

Majalah perempuan AS tersebut mengumumkan hari Selasa (1/11) bahwa vokalis band U2 dan aktivis kemanusiaan tersebut akan menjadi pria pertama dalam sejarah majalah selama 36 tahun untuk mendapatkan gelar itu, bersama dengan daftar tahunan "Perempuan Tahun Ini".

Majalah itu menyatakan dalam lamannya bahwa selama bertahun-tahun mereka tidak memberikan penghargaan kepada laki-laki karena mereka merayakan perempuan.

Namun, "ketika seorang bintang rock pria besar yang dapat melakukan apa saja dalam hidupnya tapi memutuskan untuk fokus pada hak perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia -- hal itu patut dirayakan. Kami dengana bangga memilih bintang rock tersebut, Bono, sebagai Pria Tahun Ini pertama kami."

Bono, 56, pada tahun 2015 menciptakan kampanye "Kemiskinan adalah Seksis" yang bertujuan membantu perempuan-perempuan paling miskin di dunia untuk mendapatkan akses yang lebih baik terhadap pendidikan, layanan kesehatan dan peluang bisnis.

Kampanye itu merupakan bagian dari organisasi ONE yang ia bantu dirikan tahun 2004 untuk melawan kemiskinan dan penyakit di Afrika.

Bono berterima kasih kepada Glamour atas penghargaan tersebut, dengan mengatakan dalam pernyataan bahwa "perjuangan untuk persamaan gender tidak dapat dicapai jika laki-laki tidak ikut memimpin bersama perempuan. Kami sebagian besar bertanggung jawab atas masalah itu, jadi kami harus terlibat dalam solusi."

"Kita dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang kita pikir kita bisa. Para pemimpin bertanggung jawab terhadap kita semua. Jika mereka tidak mendukung perempuan dan anak-anak, buat mereka tidak menjabat lagi," tambahnya.

Perempuan-perempuan Tahun Ini versi Glamour adalah penyanyi Gwen Stefani, pesenam Olimpiade AS Simone Biles, tiga orang pendiri gerakan Black Lives Matter, direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde, bintang pop Amerika Zendaya, desainer Italia Miuccia Prada, aktivis hak asasi manusia Yazidi Nadia Murad dan model ukuran plus Ashley Graham.

Pemberian penghargaan akan berlangsung dalam upacara di Los Angeles pada 14 November. [hd]

XS
SM
MD
LG