Tautan-tautan Akses

Majalah Forbes Publikasikan 400 Orang Terkaya di Amerika


Investor Warren Buffett (kiri) dan Bill Gates berada di dua urutan teratas daftar 400 orang terkaya AS tahun ini.

Investor Warren Buffett (kiri) dan Bill Gates berada di dua urutan teratas daftar 400 orang terkaya AS tahun ini.

Pendiri Microsoft, Bill Gates masih tetap memimpin di urutan teratas selama 18 tahun berturut-turut, disusul oleh investor Warren Buffet.

Kemacetan ekonomi tampaknya tidak mempengaruhi warga terkaya Amerika, di mana tingkat perolehan kekayaannya sepanjang tahun lalu justru naik 12 persen.

Majalah bisnis Amerika “Forbes” hari Rabu mempublikasikan daftar tahunan 400 warga Amerika terkaya, dimana pendiri Microsoft Bill Gates memimpin di urutan teratas selama 18 tahun berturut-turut.

Kekayaan Bill Gates diperkirakan mencapai 59 milyar dolar, membuatnya lebih kaya dibandingkan investor Warren Buffet yang berada pada posisi kedua dengan kekayaan 39 milyar dolar – meskipun sepanjang tahun lalu mengalami kerugian hingga 6 milyar dolar.

“Forbes” mengatakan lebih dari separuh kerugian Buffet disebabkan oleh sumbangan amal.

Sejumlah nama terkenal lainnya yang berada dalam posisi 10 orang terkaya Amerika adalah pendiri Oracle – Larry Ellison dengan kekayaan 33 milyar dolar, serta pewaris Wal-Mart – Christy Walton, Jim Walton dan Alice Walton dengan kekayaan bernilai lebih dari 20 milyar dolar. Investor George Soros dan pemilik kasino Sandy Adelson juga menduduki posisi 10 orang terkaya Amerika bersama industrialis Charles dan David Koch.

Pendiri Facebook – Marck Zuckerburg yang kekayaannya meningkat hingga 10,5 milyar dolar, berada pada posisi ke-14. Pemilik Google – Sergey Brin dan Larry Page berada pada posisi ke-15, dimana masing-masing menambah hampir dua milyar dolar pada kekayaan mereka.

Forbes mengatakan gabungan kekayaan ke-400 orang terkaya Amerika itu mencapai 1,53 trilyun dolar, hampir sebanyak total ekonomi Kanada.

Majalah itu juga mengatakan 70 persen warga Amerika dalam daftar itu adalah milyarder karena usaha sendiri, yang merupakan kenaikan 55 persen dibandingkan tahun 1997.

XS
SM
MD
LG