Tautan-tautan Akses

Mahkamah Malaysia Jatuhkan Hukuman Gantung untuk 2 Polisi


Gedung Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia.
Gedung Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia.

Para pemimpin oposisi telah berkali-kali mengatakan PMi Najib Razak pasti berperan dalam persetujuan pembunuhan itu, tetapi Najib telah membantah keterlibatannya.

Mahkamah tertinggi Malaysia telah menjatuhkan hukuman gantung terhadap dua orang polisi, setelah membatalkan vonis bebas pengadilan banding atas pembunuhan seorang perempuan Mongolia yang mempunyai hubungan gelap dengan seorang teman perdana menteri.

Hanya kedua polisi itu tersangka yang didapati bersalah dalam penembakan Altantuya Shaariibuu dan meledakkan mayatnya dengan bahan peledak militer pada 2006.

Para pemimpin oposisi telah berkali-kali mengatakan Perdana Menteri Najib Razak pasti berperan dalam persetujuan pembunuhan itu, tetapi Najib telah membantah keterlibatannya.

Seorang hakim Pengadilan Tinggi pada 2009 menghukum mati kedua polisi itu, tetapi Pengadilan banding membebaskan kedua pria itu pada 2013.

Jaksa Tun Abdul Majid Tun Hamzah mengatakan Pengadilan Federal dengan suara bulat memutuskan Selasa (13/1) bahwa Pengadilan Banding salah dalam pembatalan temuan pengadilan yang mengadili kasus itu.

XS
SM
MD
LG