Tautan-tautan Akses

Mahkamah Lebanon Buka Dakwaan dalam Penyelidikan Hariri


Poster mantan PM Rafik al-Hariri (alm.) dipasang di dekat pintu masuk ke makamnya di ibukota Beirut.

Poster mantan PM Rafik al-Hariri (alm.) dipasang di dekat pintu masuk ke makamnya di ibukota Beirut.

Mahkamah yang didukung PBB itu mengeluarkan sejumlah dakwaan atas 4 anggota Hezbollah yang diduga melakukan pembunuhan Hariri.

Mahkamah yang didukung PBB untuk menyelidiki pembunuhan Rafik Hariri – mantan perdana menteri Lebanon tahun 2005 – telah mengeluarkan sejumlah dakwaannya atas empat anggota Hezbollah yang menurut tim jaksa melakukan serangan tersebut.

Mahkamah tersebut hari Rabu mengatakan pihaknya telah memastikan sejumlah tuduhan-tuduhan tersebut terhadap para tersangka, dan mengumumkan dakwaan tersebut pada publik setelah tim jaksa menunjukkan bukti-bukti yang cukup banyak untuk mengajukan kasus ini ke pengadilan.

Mahkamah itu mengatakan dakwaan tersebut tadinya dirahasiakan untuk menjamin pihak berwajib mencari dan menahan secara efektif keempat tersangka. Mahkamah itu mengatakan sebagian dokumen akan tetap dirahasiakan guna melindungi para korban dan saksi.

Mantan perdana menteri Lebanon Saad Hariri mengatakan keputusan untuk mengungkapkan dakwaan terkait pembunuhan ayahnya itu, merupakan “langkah penting menuju penyingkapan kebenaran dan mewujudkan keadilan”.

Tetapi pemimpin Hezbollah Hassan Nasrallah membantah dakwaan tersebut. Ia mengatakan dakwaan itu “tidak berisi bukti langsung” atas keempat tersangka dan didasarkan pada “data telekomunikasi semata”. Dakwaan tersebut sebagian didasarkan pada analisa arsip pembicaraan telfon. Nasrallah juga mengeluh karena banyak informasi dalam dakwaan yang telah dibocorkan kepada media.

XS
SM
MD
LG