Tautan-tautan Akses

Mahkamah Internasional Terbitkan Surat Penangkapan bagi Gaddafi dan Dua Pembantunya


Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) di Den Haag mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi Moammar Gaddafi (27/6).

Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) di Den Haag mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi Moammar Gaddafi (27/6).

Peradilan menerbitkan surat perintah itu Senin sebagai tanggapan terhadap tuduhan yang diajukan penuntut Luis Moreno Ocampo.

Hakim di Mahkamah Kejahatan Internasional telah menerbitkan surat perintah penangkapan terhadap diri Moammar Gaddafi dan dua pembantunya dan tuduhan kejahatan perang terkait dengan usaha pembrangusan oposisi terhadap kekuasaannya.

Peradilan menerbitkan surat perintah itu Senin sebagai tanggapan terhadap tuduhan yang diajukan penuntut Luis Moreno Ocampo terhadap Gaddafi dan putranya Seif al Islam dan kepala intelijen Libya, Abdullah al Senussi.

Moreno Ocampo menuduh Gaddafi dan pembantunya melaksanakan sebuah kebijakan menakut-nakuti rakyat kalau melakukan protes dengan segala macam cara, termasuk penangkapan, penyiksaan, dan penggunaan kekuatan yang mematikan, seperti misalnya memerintahkan penembak jitu menembak warga sipil yang keluar dari mesjid.

Hakim ICC Sanji Monageng mengatakan ada “dasar-dasar beralasan untuk mempercayai” bahwa pemimpin Libya dan putranya bertanggung jawab secara kriminal atas pembunuhan dan penghukuman ratusan warga sipil pada hari-hari awal pembrontakan.

Penduduk di pusat pembrontak, di Benghazi, Libya Timur berkumpul di jalan-jalan Senin untuk merayakan keputusan peradilan itu. Kepala Dewan Nasional Peralihan menyambut gembira langkah ICC ini dan memperingatkan siapa saya yang berusaha menyembunyikan Gaddafi akan menghadapi hukum.

XS
SM
MD
LG