Tautan-tautan Akses

Mahkamah Agung Swiss Tolak Banding Valverde


Atlet balap sepeda Spanyol, Alejandro Valverde, dilarang bertanding hingga Januari 2012 karena terbukti menggunakan zat terlarang.

Atlet balap sepeda Spanyol, Alejandro Valverde, dilarang bertanding hingga Januari 2012 karena terbukti menggunakan zat terlarang.

Permohonan banding pebalap sepeda Spanyol Alejandro Valverde ditolak Mahkamah Agung Swiss sehingga ia dilarang bertanding hingga Januari 2012.

Mahkamah Agung Swiss telah menolak permohonan banding mantan pebalap sepeda nomor satu dunia Alejandro Valverde dari Spanyol atas larangan berlomba di seluruh dunia selama dua tahun karena kasus doping.

Dalam vonisnya hari Senin, Pengadilan Federal Swiss menolak permohonan banding Valverde atas keputusan Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) yang melarang juara Tour of Spain 2009 itu berlomba di seluruh dunia sampai bulan Januari 2012.

Keputusan CAS bulan Mei lalu itu mendukung Uni Balap Sepeda Internasional dan Badan Anti-Doping Dunia, yang menginginkan larangan berlomba selama dua tahun bagi Valverde yang berusia 30 tahun di Italia itu diperluas ke seluruh dunia.

Kasus ini didasarkan apakah pihak berwenang Italia bisa menggunakan bukti yang dikumpulkan dalam penyelidikan di Spanyol untuk melarang Valverde berlomba di Italia.

Pejabat anti-doping Italia berhasil mencocokkan sampel darah Valverde yang diambil dalam Tour de France 2008 dengan kantong transfusi darah yang berisi booster EPO yang ditemukan di klinik Madrid.

XS
SM
MD
LG