Tautan-tautan Akses

Mahkamah Agung Spanyol Larang Satu Lagi Partai Basque


Sebuah spanduk di Spanyol bertuliskan dukungan bagi pelarangan partai politik yang terkait dengan kelompok bersenjata separatis Basque ETA.

Sebuah spanduk di Spanyol bertuliskan dukungan bagi pelarangan partai politik yang terkait dengan kelompok bersenjata separatis Basque ETA.

Para hakim setuju dengan argumen pemerintah Spanyol bahwa beberapa unsur Partai Bildu masih terkait erat dengan Batusuna dan ETA.

Mahkamah Agung Spanyol memutuskan bahwa partai politik Basque yang baru terbentuk dilarang mengikuti pemilihan lokal bulan ini.

Para hakim memutuskan pada hari Minggu dengan suara sembilang berbanding enam menentang Partai Bildu. Mereka setuju dengan argumen pemerintah bahwa beberapa unsur Partai Bildu masih terkait erat dengan Batusuna, partai politik yang terkait dengan kelompok bersenjata separatis Basque ETA.

Pengadilan melarang Partai Basque baru lainnya pada bulan Maret, diputuskan bahwa partai Sortu juga belum sepenuhnya menjauhkan diri dari ETA.

ETA membunuh lebih dari 820 orang dalam upaya selama empat dekade untuk kemerdekaan Basque di Spanyol utara dan Perancis selatan. ETA mengumumkan gencatan senjata bulan Januari. Namun pemerintah Spanyol dengan segera menolak, katanya ETA tidak berjanji untuk melucuti senjata.

Spanyol, Uni Eropa dan Amerika menganggap ETA sebagai kelompok teroris.

XS
SM
MD
LG