Tautan-tautan Akses

Korban Pemerkosaan di India Diserang Kelompok yang Sama


Demonstrasi menuntut peningkatan hukuman untuk pemerkosa di Kolkata, India. (Foto: Dok)

Demonstrasi menuntut peningkatan hukuman untuk pemerkosa di Kolkata, India. (Foto: Dok)

Keluarga korban mengatakan kelompok itu telah mengancamnya dan menuntut agar dia mencabut tuduhan terhadap kedua pria yang saat ini sedang menunggu sidang.

Seorang mahasiswi India diperkosa secara bergilir oleh sekelompok laki-laki yang sudah pernah memerkosanya tiga tahun lalu, menurut seorang polisi hari Senin (18/7).

Perempuan kasta rendah Dalit itu saat ini sedang dirawat di rumah sakit di negara bagian Haryana, India utara, setelah diperkosa oleh lima pria pekan lalu.

Polisi telah menuduh kelimanya menculik mahasiswa berusia 21 tahun itu dari luar universitasnya, membiusnya, dan memerkosanya dalam mobil lalu meninggalkannya tidak sadarkan diri di semak belukar dimana dia ditemukan oleh seorang yang sedang lewat.

Korban mengidentifikasi semua pemerkosanya, dua dari mereka terlibat dalam kasus pemerkosaannya tahun 2013. Keluarga korban mengatakan kelompok itu telah mengancamnya dan menuntut agar dia mencabut tuduhan terhadap kedua pria yang saat ini sedang menunggu sidang.

Beberapa organisasi Dalit telah melancarkan protes atas ketiadaan tindakan polisi karena belum ada yang ditangkap sejak kasus pemerkosaan terbaru itu.

Pemerkosaan tahun 2012 dan pembunuhan seorang mahasiswa kedoteran berusia 23 tahun dalam bus di New Delhi menyebabkan perombakan undang-undang pemerkosaan negara itu, dengan melipat gandakan hukuman penjara, serta membuat perbuatan membuntuti dan memperdagangkan perempuan pelanggaran pidana.

Tetapi India terus menghadapi masalah kekerasan seksual. Tiga puluh tujuh ribu kasus perkosaan dilaporkan tahun 2014, meskipun para aktivis mengklaim jumlah yang sebenarnya lebih tinggi karena banyak pemerkosaan tidak dilaporkan di India karena stigma sosial. [gp]

XS
SM
MD
LG