Tautan-tautan Akses

Mahasiswa Korea Selatan Mengaku Ingin Ditangkap oleh Pyongyang


Tentara Korea Selatan siaga sambil memandang ke arah wilayah perbatasan Korea Utara (foto: ilustrasi).

Seorang mahasiswa Korea Selatan memberitahu sebuah media Amerika bahwa ia memang “ingin ditangkap” oleh Korea Utara.

Seorang mahasiswa Korea Selatan yang ditahan karena memasuki Korea Utara secara ilegal telah memberitahu sebuah media Amerika bahwa ia “ingin ditangkap” oleh Korea Utara.

Joo Won-Moon yang berusia 21 tahun ditangkap pada 22 April lalu setelah menyeberang ke Korea Utara dari kota perbatasan di China, Dandong, sebut kantor berita resmi Korea Utara KCNA.

Berbicara kepada seorang wartawan CNN di Pyongyang, hari Selasa (5/5), Joo mengakui ia memasuki negara itu secara ilegal, seraya mengatakan ia melewati dua lapis pagar kawat berduri dan berjalan menyusuri sebuah sungai hingga ia ditangkap seorang tentara.

“Saya pikir ada peristiwa-peristiwa luar biasa mungkin terjadi dan semoga peristiwa ini dapat berdampak baik dalam hubungan antara Utara dan Selatan,” kata Joo. Ia tidak merinci mengenai apa yang ia sebut “peristiwa luar biasa” itu.

“Saya berharap saya akan dapat menjelaskan kepada dunia bagaimana seorang mahasiswa biasa memasuki Korea Utara secara ilegal tetapi dengan perlakuan baik dari negara itu, saya dapat pulang dengan selamat,” katanya.

Joo mengatakan ia diperlakukan dengan baik dan ia ditahan dalam ruangan dengan tiga tempat tidur, kamar mandi pribadi, dan makanan yang memadai. Namun, ia mengatakan tidak mendapat akses ke internet, televisi, radio atau telepon.

XS
SM
MD
LG