Tautan-tautan Akses

Mahasiswa Bentrok dengan Pasukan Keamanan Menjelang Pemilu di Mesir


Pasukan keamanan Mesir bentrok dengan pendukung presiden yang digulingkan Mohamed Morsi di Kairo, 10 Januari 2014.

Pasukan keamanan Mesir bentrok dengan pendukung presiden yang digulingkan Mohamed Morsi di Kairo, 10 Januari 2014.

Bentrokan berlangsung sewaktu presiden sementara Mesir Adly Mansour mendesak para pemilih untuk menuju TPS-TPS guna memberikan suara mengenai rancangan konstitusi hari Selasa dan Rabu.

Ratusan mahasiswa pendukung presiden tersingkir Mesir bentrok dengan pasukan keamanan hari Minggu di tiga universitas Kairo. Bentrokan terjadi dua hari menjelang referendum, yang menurut para pejabat akan dijaga oleh tentara dan polisi yang dikerahkan secara besar-besaran.

Bentrokan berlangsung sewaktu presiden sementara Mesir Adly Mansour mendesak para pemilih untuk menuju TPS-TPS guna memberikan suara mengenai rancangan konstitusi hari Selasa dan Rabu. Mansour mengatakan bahwa rancangan konstitusi tersebut menggunakan Islam yang moderat sebagai landasan legislasi. Lebih dari 52 juta pemilih Mesir akan memutuskan apakah mendukung amendemen konstitusi yang mulanya disusun di bawah Presiden Islamis yang digulingkan, Mohammed Morsi. Militer menggulingkan Morsi dalam kudeta yang didukung rakyat pada 3 Juli. Dua panel yang didominasi oleh politisi yang cenderung sekuler dan pakar hukum belakangan menyusun kembali rancangan konstitusi itu.

Partisipasi pemilih dalam jumlah besar dan dukungan melimpah akan memberi legitimasi dan dorongan bagi rencana yang didukung militer untuk pemilihan presiden dan legislatif.
XS
SM
MD
LG