Tautan-tautan Akses

Wapres Maduro Gantikan Chavez sebagai Presiden Venezuela


Wapres Venezuela Nicolas Maduro saat dilantik menjadi pejabat Presiden Venezuela menggantikan Hugo Chavez di Caracas (9/3).

Wapres Venezuela Nicolas Maduro saat dilantik menjadi pejabat Presiden Venezuela menggantikan Hugo Chavez di Caracas (9/3).

Wakil Presiden Nicolas Maduro telah dilantik sebagai pejabat Presiden Venezuela, tetapi oposisi berpendapat langkah itu melanggar konstitusi negara.

Beberapa jam setelah pemakaman almarhum Presiden Hugo Chavez, tokoh oposisi Henrique Capriles melancarkan serangan terhadap Maduro dan jabatan barunya.

Untuk waktu dekat, Maduro akan memimpin Venezuela setelah dilantik beberapa jam seusai pemakaman Chavez. Maduro berjanji melanjutkan warisan Chavez.

Chavez menunjuk Wakil Presiden Maduro sebagai penerusnya sebelum meninggal hari Selasa setelah bergulat dengan kanker.

Pejabat Presiden Maduro kemungkinan akan menghadapi Capriles, oposisi yang paling vokal, dalam Pemilu mendatang.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Venezuela mengatakan negara itu akan mengadakan pemilihan presiden tanggal 14 April untuk menggantikan Hugo Chavez, pemimpin sosialis yang meninggal awal pekan ini akibat kanker.

Pengumuman hari Sabtu itu disampaikan sehari setelah Wakil Presiden Nicolas Maduro - penerus Chavez terpilih – dilantik sebagai pejabat presiden.

Menurut pengamat, Maduro adalah favorit awal untuk memenangkan pemilihan itu. Maduro akan berhadapan dengan calon oposisi Gubernur Henrique Capriles.

18 Presiden Amerika Latin dan beberapa pemimpin negara lainnya menghadiri pemakaman Presiden Chavez hari Jumat. Amerika mengirim delegasi diplomatik ke upacara pemakaman itu.
XS
SM
MD
LG