Tautan-tautan Akses

Madonna ke Malawi, Lihat Pembangunan Rumah Sakit


Madonna dalam sebuah kunjungan ke Malawi. (Foto: Dok)

Madonna dalam sebuah kunjungan ke Malawi. (Foto: Dok)

Madonna membentuk badan “Raising Malawi” yang memusatkan perhatian pada upaya mengatasi kemiskinan dan kesulitan hidup anak-anak yatim piatu dan rentan di Malawi.

Sudah sejak lama Madonna dikenal tidak segan-segan memberi sumbangan berskala besar untuk tujuan kemanusiaan.

Akhir pekan lalu bintang musik pop itu melawat ke kota Blantyre di Malawi. Setelah bertemu Presiden Peter Mutharika dan Menteri Kesehatan Peter Kumpalume, Madonna berkunjung ke Rumah Sakit Queen Elizabeth untuk melihat langsung pembangunan unit khusus anak-anak yang diharapkan bisa dibuka untuk umum awal tahun depan.

“Fasilitas baru ini adalah unit layanan intensif dan bedah anak pertama di sebuah rumah sakit di Malawi. Ini jelas akan menimbulkan dampak signifikan pada kehidupan anak-anak di sini," ujar Madonna sebagaimana dikutip Associated Press.

‘’Untuk menambah kualitas dan ketersediaan layanan kesehatan di Malawi, kami juga siap melatih lebih banyak staf medis khusus untuk layanan anak-anak," tambahnya.

Menjawab pertanyaan pers, Madonna mengatakan belum tahu nama apa yang akan diberikannya pada unit anak-anak di rumah sakit itu.

Dalam lawatannya ini Madonna ditemani oleh dua anak yang diadopsinya dari Malawi, yaitu David dan Mercy, serta putra kandungnya Rocco.

Madonna mengatakan ‘’akan terus berupaya memenuhi kebutuhan peralatan dan staf medis bagi unit anak-anak itu supaya segera beroperasi”.

‘’Merupakan tanggung jawab saya untuk memastikan bahwa tempat ini memiliki peralatan yang dibutuhkan dan benar-benar beroperasi secara reguler. Jadi saya punya pekerjaan besar ke depan. Doakan saya ya!’’ ujarnya.

Ditanya apakah ia punya proyek lain untuk Malawi, Madonna mengatakan “lebih suka melakukan satu hal yang benar-benar berjalan baik dibanding banyak proyek yang tidak berjalan sempurna."

Unit anak-anak di rumah sakit ini akan mencakup unit layanan intensif anak-anak pertama di Malawi, tiga kamar operasi khusus untuk anak-anak, sebuah klinik dan ruang rawat inap dengan 50 tempat tidur.

Unit anak-anak ini bisa melipatgandakan jumlah pembedahan yang dilakukan rumah sakit tersebut dan sekaligus menyediakan layanan pra dan pasca pembedahan.

Madonna membentuk badan “Raising Malawi” tahun 2006 yang memusatkan perhatian pada upaya mengatasi kemiskinan dan kesulitan hidup anak-anak yatim piatu dan rentan di Malawi.

“Raising Malawi” bermitra dengan sejumlah organisasi lokal untuk menyediakan sumber daya penting bagi anak-anak dan mereka yang membesarkan anak-anak di Malawi, termasuk pendidikan dan layanan kesehatan. [em]

XS
SM
MD
LG