Tautan-tautan Akses

Mahmakah Agung Rusia Perintahkan Pembebasan Lebedev


Mikhail Khodorkovsky (kiri) dan mitra bisnisnya, Platon Lebedev saat menghadiri pengadilan di Moskow Agustus tahun lalu (foto: dok).

Mikhail Khodorkovsky (kiri) dan mitra bisnisnya, Platon Lebedev saat menghadiri pengadilan di Moskow Agustus tahun lalu (foto: dok).

Mahkamah Agung Rusia Kamis (23/1) memerintahkan pembebasan Platon Lebedev, mitra bisnis raja minyak Mikhail Khodorkovsky dari penjara.

Mahkamah Agung Rusia telah memerintahkan pembebasan mitra bisnis raja minyak Mikhail Khodorkovsky dari penjara. Khodorkovsky sendiri dibebaskan dari penjara bulan lalu.

Mahkamah Agung Rusia hari Kamis (23/1) mengumumkan bahwa Platon Lebedev memenuhi syarat untuk segera dibebaskan.

Namun, mahkamah tidak mengubah tuduhan tunggakan pajak terhadap Khodorkovsky dan Lebedev. Khodorkovsky meninggalkan Rusia segera setelah pembebasannya bulan Desember dan mengatakan ia tidak akan kembali ke Rusia selama tuduhan tunggakan pajak itu tetap berlaku, karena ia bisa dicekal agar tidak pergi ke luar negeri lagi.

Khodorkovsky dan Lebedev masing-masing telah menghabiskan sekitar 10 tahun penjara atas dakwaan penipuan dan penggelapan pajak.

Bulan Desember lalu, mantan taipan minyak Rusia Mikhail Khodorkovsky, yang diampuni oleh Presiden Vladimir Putin setelah 10 tahun dipenjara, mengatakan dia akan melakukan semua yang bisa dia lakukan untuk memastikan pembebasan tahanan politik lain di Rusia.

Pada konferensi pers di Berlin, Khodorkovsky mengatakan dia seharusnya tidak dipandang sebagai simbol bahwa tidak ada lagi tahanan politik di Rusia.
XS
SM
MD
LG