Tautan-tautan Akses

Mahkamah Agung Ghana Kukuhkan Pemenang Pilpres


Mahkamah Agung Ghana hari Kamis (29/8) mengukuhkan kemenangan Presiden John Mahama dalam pilpres tahun lalu (foto: dok).

Mahkamah Agung Ghana hari Kamis (29/8) mengukuhkan kemenangan Presiden John Mahama dalam pilpres tahun lalu (foto: dok).

Mahkamah Agung Ghana hari Kamis (29/8) mengukuhkan kemenangan Presiden John Mahama dalam pemilu presiden tahun lalu, dan menolak gugatan oposisi.

Dalam keputusan lima banding empat, mahkamah hari Kamis mengatakan Mahama terpilih secara sah dan petisi dari Partai Patriotik Baru (NPP) yang beroposisi ditolak.

Kandidat presiden NPP Nana Akuffo Addo mengatakan kepada para wartawan dia menerima keputusan mahkamah dan dia telah menelpon Presiden Mahama untuk menyampaikan ucapan selamat atas kemenangannya.

Hasil resmi pemilu Desember itu menunjukkan, Mahama menang tipis dengan 50,7 persen suara. NPP mengatakan hasil pemilu itu direkayasa, termasuk tuduhan adanya perubahan jumlah suara.

Kepolisian Ghana mengerahkan 30 ribu personilnya menjelang pembacaan keputusan itu, Kamis, untuk mencegah kemungkinan terjadinya kerusuhan.

Juru bicara kepolisian Cephas Arthu mengatakan polisi siap melindungi para pejabat dan instalasi-instalasi penting seperti pembangkit-pembangkit listrik dan Bank of Ghana.

Ghana yang merupakan salah satu negara Afrika paling stabil telah mengalami beberapa peralihan kekuasaan secara damai sejak awal 1990-an.
XS
SM
MD
LG