Tautan-tautan Akses

AS

Lulusan SMA California Diterima di 8 Universitas Elit AS

  • Associated Press

Universitas Yale, salah satu universitas elit di Amerika Serikat (Foto: dok).

Universitas Yale, salah satu universitas elit di Amerika Serikat (Foto: dok).

Seorang lulusan SMA di California menjadi sorotan karena diterima di delapan universitas elit Amerika Serikat yang disebut Ivy League. Kisah suksesnya pun menjadi inspirasi banyak orang, terutama imigran di AS.

Fernando Rojas, 17 tahun, adalah putera imigran asal Meksiko. Kedua orangtuanya putus sekolah. Ayahnya, Raul Rojas, 59 tahun, adalah seorang operator mesin, sementara ibunya, Maria, adalah seorang penjahit.

Rojas, lulusan SMA Fullerton, mengatakan perjuangan orangtuanya mendorong dirinya untuk tekun belajar dan berprestasi. Indeks prestasi rata-ratanya 4.8 dan dia juga menjuarai lomba pidato dan debat nasional. Tidak heran apabila ke-delapan kampus Ivy League yang bergengsi di AS, menerimanya.

Surat panggilan pertama datang dari Universitas Yale pada bulan Februari. Beberapa minggu kemudian, panggilan telepon, email dan surat datang dari Dartmouth College, Universitas Brown, Universitas Pennsylvania, Universitas Cornell, Universitas Columbia, Universitas Harvard dan Universitas Princeton.

Rojas juga diterima di Universitas Stanford serta Universitas California, Irvine, dan Universitas Negeri California, Fullerton.

Setelah mengunjungi beberapa kampus, dia memilih Yale, yang berbiaya 64.000 dolar setahun. Dia hanya perlu membayar 6.000 dolar, sisanya ditanggung oleh beasiswa Yale dan bantuan pemerintah federal.

Dia mengatakan akan mengambil studi Amerika Latin dan mungkin merintis karir sebagai pengacara.

XS
SM
MD
LG