Tautan-tautan Akses

Lukisan Renoir Ditemukan dalam Kotak Barang-Barang Loak


Lukisan karya pelukis impresionis Perancis, Pierre-Auguste Renoir yang dinyatakan hilang tahun 1951, ditemukan di sebuah pasar loak di negara bagian Virginia (AP Photo/Potomack Company).

Lukisan karya pelukis impresionis Perancis, Pierre-Auguste Renoir yang dinyatakan hilang tahun 1951, ditemukan di sebuah pasar loak di negara bagian Virginia (AP Photo/Potomack Company).

Museum Seni Baltimore meminjam lukisan Renoir tahun 1937 dari kolektor seni Saidie May, dan lukisan itu dicuri dari museum itu tahun 1951

Petugas museum dan polisi di Baltimore berusaha mengungkap misteri tentang bagaimana lukisan Renoir, yang dicuri dari museum lebih dari 60 tahun lalu, berada dalam kotak barang-barang loak yang dijual dengan harga 7 dolar dua tahun lalu di pasar loak di negara bagian Virginia.

Perempuan, yang membeli apa yang tampaknya hanya kotak barang-barang tak berharga, berniat menjual lukisan lanskap kecil, dikenal sebagai "Banks of the River Seine", pada satu lelang hari Sabtu. Namun, lelang itu telah dibatalkan.

Setelah menyimpan lukisan tersebut dalam gudang selama dua tahun, perempuan itu memutuskan untuk memeriksakannya ke rumah lelang itu, yang berencana menjual lukisan Renoir tersebut sekitar 75.000 dolar. Karya-karya yang lebih besar oleh Renoir dijual jutaan dolar.

Harian Washington Post mengatakan Museum Seni Baltimore meminjam lukisan itu tahun 1937 dari kolektor seni Saidie May, dan lukisan itu dicuri dari museum itu tahun 1951. Perusahaan asuransi membayar museum itu 2.500 dolar.

Kini, selain mengungkap misteri di mana Renoir itu disembunyikan selama lebih dari 60 tahun, pihak berwenang harus menentukan siapa pemilik sah lukisan tersebut – apakah keluarga May, Museum Baltimore, perusahaan asuransi atau perempuan yang membeli Renoir itu seharga 7 dolar AS dalam sekotak barang-barang loak.
XS
SM
MD
LG