Tautan-tautan Akses

LSM China Pertimbangkan Langkah Hukum Atas Penggerebekan Polisi


Ketua kelompok advokasi anti-diskriminasi China, Lu Jun.

Ketua kelompok advokasi anti-diskriminasi China, Lu Jun.

Penggerebekan itu tampaknya terkait usaha LSM tersebut untuk membebaskan lima aktivis perempuan menjelang peringatan Hari Perempuan Internasional 8 Maret lalu.

Ketua kelompok advokasi anti-diskriminasi China mengatakan, ia berencana menyewa pengacara untuk menyelidiki penggerebekan polisi di kantornya dan kemungkinan mempertimbangkan untuk mengambil tindakan hukum.

Lu Jun mengatakan, ia berusaha mencari informasi lebih banyak mengenai penggerebekan Selasa dini hari (24/3) di Pusat Yirenping Beijing, tempat polisi menyita komputer-komputer dan dokumen-dokumen keuangan.

Lu mengatakan kepada Associated Press, Jumat, penggerebekan itu tampaknya terkait usaha LSM-nya untuk membebaskan lima aktivis perempuan menjelang peringatan Hari Perempuan Internasional 8 Maret lalu.

Ia mengatakan, penggerebekan itu juga bagian dari usaha penumpasan China terhadap organisasi-organisasi non-pemerintah secara keseluruhan.

Kantor LSM itu kini dikunci polisi, dan usaha advokasinya dihentikan. Para staf LSM itu berpencar untuk menghindari penangkapan polisi.

XS
SM
MD
LG