Tautan-tautan Akses

AS

Negara Bagian Louisiana Taksir Kerugian Usai Banjir


Banjir di Louisiana, AS menewaskan sedikitnya 11 orang dan menghancurkan puluhan ribu rumah (foto: dok).

Banjir di Louisiana, AS menewaskan sedikitnya 11 orang dan menghancurkan puluhan ribu rumah (foto: dok).

Warga di negara bagian Louisiana, AS, sedang menaksir kerugian setelah banjir besar selama beberapa hari ini yang telah menewaskan sekurang-kurangnya 11 orang dan merusak atau menghancurkan lebih dari 40 ribu rumah.

Petugas keadaan darurat federal, petugas penyelamatan, dan relawan, telah berada di lokasi bencana selama beberapa hari untuk memastikan bahwa tidak ada orang yang tidak mendapat pertolongan. Louisiana belum pulih sepenuhnya dari Badai Katrina sekitar satu dasawarsa yang lalu. Kali ini, kota yang terimbas paling parah adalah Baton Rouge.

Warga Louisiana bagian selatan tidak ingat pernah ada banjir sehebat ini.

"Saya tanggal di sini selama hidup, dan saya belum pernah melihat air bah setinggi ini,” kata Calvin Jones, teknisi Dinas Survei Geologi. Banjir yang terjadi sangat mendadak ini membuat banyak orang kehilangan tempat tinggal.

"Kami kehilangan semua harta milik kami. Saya merasa sangat sedih. Kami semua selamat, dan sahabat-sahabat kami juga selamat, Itulah yang paling penting,” demikian kata seorang korban banjir lainnya.

Seorang korban perempuan mengatakan: “Semua milik kami musnah,. Semuanya!” Seorang korban lain mengatakan: “Rasanya hidup ini telah berakhir, dunia telah kiamat. Kami kehilangan segalanya yang telah kami peroleh dengan susah payah. Sekarang kami harus memulai dari awal.”

Para pemimpin masyarakat memberikan pesan harapan dan keyakinan. Ada yang tidak dapat menahan linangan air mata ketika menyampaikannya.

"Kita akan kembali… meskipun jalan yang harus ditempuh akan sangat panjang,” ujar Gerard Landry,, wali kota Denham Springs.

Warga Sorrento di selatan Baton Rouge,James Lane tahu bahwa jalan menuju kepulihan akan panjang, setelah ia kehilangan tempat tanggal akibat Badai Katrina tahun 2005.

\"Kami kehilangan segalanya akibat Katrina. Pindah ke sini, dan 10 tahun kemudian, kehilangan segalanya lagi ketika kami merasa bahwa kehidupan kami hampir pulih seperti sebelum Katrina," kata James Lane.

Lebih dari 30 ribu orang telah diselamatkan sejak hari Jumat, sementara upaya pertolongan terus dilakukan. Air bah mulai turun, sehingga memungkinkan pengantaran pangan dan bantuan ke wilayah-wilayah tertentu. Lebih dari 100 jalan raya dan banyak jalan lokal hari Rabu masih ditutup.

Presiden Barack Obama telah menyetujui pendanaan darurat federal untuk wilayah-wilayah yang terimbas paling parah. Lebih dari 70 ribu orang telah mendaftarkan diri untuk mendapat bantuan perorangan sesuai dengan undang-undang situasi darurat federal, karena sebagian besar penduduk dan usaha tidak memiliki asuransi banjir.

Sumbangan telah mulai mengucur. Salah satu pemusik paling populer Amerika, Taylor Swift,memberikan sumbangan satu juta dolar. Louisiana sekarang menghadapi tantangan jangka panjang untuk menyediakan tempat tanggal bagi ribuan orang. [ds]

XS
SM
MD
LG