Tautan-tautan Akses

Los Angeles Galaxy Juarai Liga Utama Sepakbola AS


David Beckham, salah seorang bintang klub LA Galaxy yang dikontrak mahal (foto: dok).

David Beckham, salah seorang bintang klub LA Galaxy yang dikontrak mahal (foto: dok).

Los Angeles Galaxy, klub sepakbola papan atas Major League Soccer (MLS) Amerika tidak pernah bimbang memikat pemain tenar, cara yang membuat banyak yang membenci dan banyak pula yang mendukungnya.

Membeli pemain mahal akhirnya membuahkan hasil. David Beckham, Robbie Keane dan Landon Donovan yang ketiganya dibayar 12.2 juta dolar per musim, lebih dari tiga kali jumlah yang dibayar pada seluruh pemain Houston Dynamo, Minggu malam di Carson Kalifornia – dalam final perebutan Piala MLS – mengalahkan Houston Dynamo 1-0.

Sampai turun minum keadaan masih 0-0. Pada menit ke-72 babak kedua, Beckham mengoper bola pada Keane yang kemudian memberi umpan pada Donovan yang langsung menjaringkannya ke dalam gawang Dynamo.

Kemenangan ini mungkin juga perpisahan bagi Beckham yang mengakhiri kontraknya dengan Manchester United dan Real Madrid sebagai juara liga. Ia telah mendapat tawaran serious dari klub Prancis Paris Saint-Germain, sedang Galaxy sendiri masih ingin mempertahankannya.

Bagi Beckham, sukses Galaxy merebut Piala MLS merupakan puncak dari proyek panjang seputar harapannya memajukan popularitas sepakbola paling tidak setingkat dengan football dan basketball, dua cabang olahraga paling populer di Amerika.

Pertandingan final hari Minggu malam itu disaksikan lebih 30 ribu penonton membuat suasana mirip dengan suatu final sepakbola di Eropa.

XS
SM
MD
LG