Tautan-tautan Akses

AS

Loretta Lynch Resmi Jadi Jaksa Agung AS


Jaksa Agung AS yang baru, Loretta Lynch, di Capitol Hill di Washington.

Jaksa Agung AS yang baru, Loretta Lynch, di Capitol Hill di Washington.

Lynch akan menjadi wanita kulit hitam pertama yang memegang jabatan jaksa agung, menggantikan Eric Holder, pria kulit hitam pertama yang meraih posisi tersebut

Loretta Lynch sudah siap mengambil-alih sebagai pejabat penegak hukum tertinggi Amerika hari Senin (27/4) ketika dia dilantik sebagai jaksa agung baru negara itu.

Wakil Presiden Amerika Joe Biden akan memimpin upacara di Departemen Kehakiman.

Lynch akan menjadi wanita kulit hitam pertama yang memegang jabatan jaksa agung, menggantikan Eric Holder, pria kulit hitam pertama yang meraih posisi tersebut sebelum mundur setelah menjabat enam tahun.

Senat mengadakan pemungutan suara hari Kamis untuk mengukuhkan Lynch. Hal itu mengakhiri proses enam bulan yang mencakup perselisihan karena dukungannya pada instruksi Presiden AS Barack Obama mengenai imigrasi dan penundaan akibat rancangan undang-undang lain yang dipertentangkan dalam Senat.

Dia mengambil-alih Departemen Kehakiman dengan kurang dari dua tahun sisa masa jabatan Obama, di tengah peningkatan pengawasan tingkah laku polisi dan hak-hak sipil di Amerika Serikat sehubungan dengan tewasnya beberapa orang dalam penanganan tersangka yang menimbulkan protes besar.

Beberapa pengeritik menyalahkan Holder atas apa yang mereka katakan tindakan yang terlalu buru-buru mengecam polisi dalam kasus-kasus tersebut.

XS
SM
MD
LG