Tautan-tautan Akses

London Tenang, Manchester dan Birmingham Rusuh.


Sebuah mobil di belakang taksi di gambar ini dibakar oleh massa di Hackney, London timur, Senin (8/8).

Sebuah mobil di belakang taksi di gambar ini dibakar oleh massa di Hackney, London timur, Senin (8/8).

Meskipun London sudah mulai tenang, kerusuhan berdampak di daerah-daerah di sekitarnya seperti Manchaster dan Birmingham. Tiga penduduk tewa tertabrak dan sebanyak 47 orang ditangkap dalam kerusuhan yang terjadi Rabu ini (8/10).

London sebagian besar tenang pada hari Rabu, tetapi kerusuhan yang melanda ibukota Inggris dalam beberapa malam belakangan ini telah menjalar ke kota-kota lain, termasuk Manchester dan Birmingham.

Polisi Birmingham mengatakan tiga pria tewas sewaktu mereka ditabrak sebuah mobil selama berlangsungnya kerusuhan. Ketiga pria berusaha melindungi kampung mereka dari para penjarah. Polisi telah menangkap seorang tersangka dan menyelidiki jatuhnya korban tewas.

Para saksi mengungkapkan ratusan pemuda menghancurkan jendela-jendela dan membakar gedung-gedung di kota ketiga terbesar di Inggris, Manchester. Polisi melakukan 47 penangkapan yang berkaitan dengan kerusuhan terbaru.

Situasi lebih tenang di London di mana 16.000 polisi mematroli jalan-jalan. Banyak pemilik toko tutup lebih cepat, dan orang-orang membanjiri kota London menjelang malam.

Kerusuhan pecah pekan lalu setelah polisi menembaki dan menewaskan seorang ayah empat anak, berumur 29 tahun, di perkampungan Tottenham yang kumuh.

Sejumlah laporan menyebutkan pria tersebut menembak ke arah polisi sewaktu mereka menghentikan taksi yang dikendarainya. Tetapi, menurut sebuah laporan polisi, Selasa (9/8), sebuah pistol yang ditemukan di lokasi kejadian belum ditembakkan. Alasan mengapa polisi menambak sang korban masih belum jelas.

XS
SM
MD
LG