Tautan-tautan Akses

London Tahan Pasangan Wartawan Terkait Snowden


Wartawan "the Guardian" Glenn Greenwald (kanan) dan mitranya David Miranda (Foto: dok). Miranda dikabarkan ditahan selama sembilan jam di bandara Heathrow London, Minggu (19/8).

Wartawan "the Guardian" Glenn Greenwald (kanan) dan mitranya David Miranda (Foto: dok). Miranda dikabarkan ditahan selama sembilan jam di bandara Heathrow London, Minggu (19/8).

David Miranda, pasangan wartawan "the Guardian" Glenn Greenwald yang menerbitkan informasi rahasia yang dibocorkan Edward Snowden, ditahan selama hampir sembilan jam di bandara Heathrow London, Minggu (19/8).

Pemerintah Inggris menghadapi sejumlah pertanyaan hari Senin (19/8) setelah polisi menggunakan Undang-undang anti teroris untuk menahan seorang warga Brazil, pasangan wartawan yang menerbitkan informasi rahasia yang dibocorkan Edward Snowden, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika.

David Miranda, yang tinggal bersama Glenn Greenwald - jurnalis Amerika yang bekerja untuk surat kabar Inggris "The Guardian" - ditahan selama hampir sembilan jam hari Minggu ketika singgah di Bandara Heathrow, London, dalam perjalanan pulang ke Rio de Janeiro dari Berlin.

Greenwald mengatakan Miranda tidak diizinkan menghubungi pengacara dan pejabat menyita semua media elektroniknya - termasuk ponsel, DVD dan perangkat penyimpanan data bersandi - yang berisi dokumen terkait penyelidikan Greenwald terhadap pengintaian pemerintah Amerika.

Anggota parlemen Inggris Keith Vaz mengatakan tengah minta penjelasan dari polisi. Dia menganggap "luar biasa" bahwa polisi tahu Miranda adalah pasangan Greenwald, dan pihak berwenang menarget pasangan orang yang terlibat dalam pembeberan rahasia yang dilakukan Snowden.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest hari Senin (19/8) mengatakan para pejabat Inggris telah “memberitahu” mitra Amerika-nya, sebelum menahan Miranda. Tapi Earnest mengatakan pejabat Amerika tidak meminta pihak berwenang Inggris untuk menanyai Miranda dan tidak terlibat dalam insiden itu.

Lewat situs the Guardian, Glenn Greenwald, penerima bocoran informasi dari mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika NSA Edward Snowden, mengatakan tindakan ini jelas menunjukkan peningkatan serangan terhadap proses pengumpulan berita dan jurnalisme.

Glenn Greenwald telah menulis sejumlah artikel tentang program pengintaian rahasia NSA berdasarkan beberapa dokumen yang disampaikan Edward Snowden, yang kini berada di Rusia dengan status suaka sementara.

Kepolisian London mengakui bahwa mereka telah menangkap David Miranda yang berusia 28 tahun pada pukul 8 pagi, tetapi kemudian membebaskannya pada pukul 5 sore.
XS
SM
MD
LG