Tautan-tautan Akses

Lirik Lagu Legendaris 'American Pie' Terjual $1,2 Juta


Kurator Christie's Tom Lecky memegang manuskrip asli lagu 'American Pie' oleh Don McLean di rumah lelang Christie's di New York.

Kurator Christie's Tom Lecky memegang manuskrip asli lagu 'American Pie' oleh Don McLean di rumah lelang Christie's di New York.

Manuskrip asli untuk lagu "America Pie," salah satu lagu abad ke-20 paling ikonik, terjual seharga $1,2 juta, menurut lembaga lelang Christie's, Selasa (7/4).

Angka tersebut belum mengalahkan rekor $2 juta yang dicatat tahun lalu untuk manuskrip tulisan tangan Bob Dylan untuk lagu "Like A Rolling Stone."

Tom Lecky, pemimpin departemen literatur dan manuskrip di Christie's mengatakan harga tersebut merupakan penghormatan yang pantas terhadap penyanyi/penulis lagu yang tersohor di era kejayaannya.

"Hasilnya merupakan bukti kreativitas jenius Don McLean dan kemampuan lagu ini untuk menggugah dan menginspirasi," ujarnya.

Manuskrip yang mencantumkan coret-coretan McLean mengungkap proses kreatif di balik penulisan lagu yang telah mengundang berbagai interpretasi sejak dirilis 1971.

"Anda bisa melihat apa yang berada di benak saya saat itu," ujar McLean, 69 tahun sebelum berlangsungnya lelang. "Sebuah potongan mimpi yang saya coba tangkap."

Nama McLean belum dikenal saat ia menulis lagi itu di New York dan Philadelphia. Isi lagunya mencerminkan pergolakan sosial yang terjadi di Amerika Serikat pada dekade 60an dan 70an.​

"American Pie" dinyatakan sebagai Lagu Abad Ini oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika dan National Endowment for the Arts.

XS
SM
MD
LG