Tautan-tautan Akses

‘Liputan Massal Radio’ di Super Bowl Menarik Perhatian


Para penggemar menyaksikan kegiatan Radio Row Super Bowl 50, di Moscone Convention Center, San Francisco, 5 Februari 2016. (P. Brewer/VOA)

Para penggemar menyaksikan kegiatan Radio Row Super Bowl 50, di Moscone Convention Center, San Francisco, 5 Februari 2016. (P. Brewer/VOA)

"Radio Row" atau liputan massal radio memainkan peranan penting dalam menyemarakkan dan mengiklankan Super Bowl, kejuaraan tahunan Liga Football Nasional (NFL) tahun ini.

Dalam beberapa tahun belakangan, NFL memperbolehkan para penggemar football untuk menyaksikan langsung kegiatan yang disebut Radio Row. Dan itu selalu menjadi perhatian besar.

Radio Row merupakan kegiatan di mana stasiun-stasiun radio olahraga dari seluruh AS mendirikkan studio mini dan melakukan siaran langsung berjam-jam sebelum pertandingan besar itu. Mereka berkesempatan mewawancarai para pemain dan mantan pemain yang mampir, serta selebriti dan bintang film yang ikut, atau tidak, dengan kegiatan pertandingan besar itu.

Masing-masing stasiun radio memiliki area kecil di gedung konvensi, dilengkapi dengan meja dan kursi, logo stasiun dan perangkat elektronik. Partisi dan personil keamanan menjaga agar para penggemar berada pada jarak yang aman, namun tetap bisa mendengarkan atau meminta tanda tangan dari para pemain dan selebritis.

Para penggemar perlu tiket untuk masuk, tetapi tiketnya tersedia gratis di toko souvenir NFL dengan sistem siapa-cepat-dia-dapat.

Denver fan Andrew Trujillo mengatakan kepada VOA dia puas meski harus mengantri lama.

"Kegiatan seperti ini jarang terjadi, jadi saya pikir ini bagus sekali, bisa melihat orang-orang terkenal dan melihat dari balik layar persiapan dan lain-lain. Saya juga bisamelihat atlet-atlet dari dekat, lebih banyak dari yang biasanya kita lihat waktu pertandingan," ujarnya.

Pembawa acara TV ESPN bersiap-siap menyambut Super Bowl 50 di Radio Row, di Moscone Convention Center, San Francisco, 5 Februari 2016. (P. Brewer/VOA)

Pembawa acara TV ESPN bersiap-siap menyambut Super Bowl 50 di Radio Row, di Moscone Convention Center, San Francisco, 5 Februari 2016. (P. Brewer/VOA)



Kegiatan ini tidak hanya melibatkan stasiun radio dan TV setempat dan media dari kota-kota yang timnya akan bertanding dalam Super Bowl 50. Mereka datang dari seluruh AS untuk siaran langsung dari studio mini selama seminggu.

Kyle Englehart, produser eksekutif pada Extra 1360 Fox Sports Radio di San Diego, menjelaskan mengapa stasiunnya terlibat dalam Radio Row.

"Ini bukan hanya soal imej, tapi kami ingin berada di sini untuk bisa menghubungi para tamu dan pemain. Ini adalah kegiatan yang selalu kami nantikan setiap tahun. Ini bermanfaat bagi para pendengar. Mereka bisa mendengar dari para tamu yang jarang mereka dengar, banyak orang-orang terkenal, dan kami berupaya menghadirkan merekabagi para pendengar," ujarnya.

Seorang mantan bintang football yang ikut kegiatan itu adalah Bob Golic, yang pernah bermain pada lini pertahanan NFL untuk tiga tim berbeda pada tahun 1979 sampai 1992.

“Menyenangkan bagi kami para pemain yang sudah pensiun untuk duduk di studio dan membandingkan para pemain muda dengan kami. Jadi, ini sangat menyenangkan. Dan ada banyak penggemar di luar sana. Asyik sekali suasananya,” ujarnya

Ini merupakan kesempatan bagi para penggemar dan media untuk bersenang-senang sebelum pertandingan besar Super Bowl 50 dimulai Minggu malam. [vm/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG