Tautan-tautan Akses

Lippo Bangun Kota Baru Meikarta Dengan Nilai Investasi Rp 278 triliun

  • Fathiyah Wardah

CEO Lippo Group James Riyadi (tengah) dalam jumpa pers di Hotel Aryaduta, 4 Mei 2017. (Foto: VOA/Fathiyah Wardah)

Lippo Group meluncurkan proyek raksasa dengan membangun kota baru yang diberi nama Meikarta. Proyek ini diperkirakan menelan anggaran Rp 278 triliun. Untuk mewujudkan Kota Meikarta itu, Lippo juga akan menggaet investor asing asal Korea Selatan, China, Taiwan, Singapura, Timur Tengah, dan Eropa.

Dalam jumpa pers di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Kamis (4/5), CEO Lippo Group James Riyadi menjelaskan sebagian besar pendanaan proyek raksasa ini berasal dari internal Lippo meski beberapa diperoleh lewat kemitraan. Untuk mewujudkan Kota Meikarta itu, Lippo juga akan menggaet investor asing asal Korea Selatan, China, Taiwan, Singapura, Timur Tengah, dan Eropa.

James mengatakan Meikarta ini merupakan proyek pembangunan kota kesembilan yang dikerjakan oleh Lippo. Dia mengklaim proyek Meikarta ini merupakan yang terbesar dan terpenting yang pernah dibangun Lippo sejak berdiri 67 tahun lalu. Peluncuran proyek Kota Meikarta ini secara resmi akan dilangsungkan pada 13 Mei mendatang.

Lebih lanjut James menerangkan Meikarta adalah kota yang memiliki desain, infrastruktur dan kecanggihan berskala internasional, serta bisa bersaing dengan dunia internasional. Dia mengharapkan Meikarta bisa menjadi kota terindah dan terlengkap di Asia Tenggara.

James mengatakan kota raksasa modern Meikarta berlokasi di tengah-tengah koridor Jakarta-Bandung di mana 60 persen ekonomi nasional berada di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung. Sebab koridor ini tambahnya merupakan pusat industrialisasi di Indonesia, karena di sana banyak bermukim perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional. Meikarta dikelilingi beberapa kota baru, seperti Lippo Cikarang, Jababeka, dan MM2100.

"Salah satu kawasan pertumbuhan paling pesat di dunia saat ini justru adalah antara Jakarta, Botabek (Bogor, Tangerang, Bekasi), dan Bandung. 10-20 tahun dari sekarang, ini merupakan satu kota metropolitan besar di dunia. Meikarta menjadi kota yang nantinya mungkin yang terpenting di seluruh Indonesia. Itulah harapan kami," kata James.

Menurut James, koridor Jakarta-Botabek-Bandung sudah menjadi pusat industri seluruh Indonesia, di mana lebih dari satu juta mobil diproduksi setahun, lebih dari sepuluh juta motor diproduksi per tahun. Dia menambahkan tiap tahun US$ 1-2 miliar lahan industri di kawasan tersebut dibeli oleh para investor dari Korea Selatan, Jepang, China, dan Amerika Serikat.


James menekankan 60 perekonomian Indonesia berada di koridor Jakarta-Botabek-Bandung. Dia berharap Meikarta bisa menjadi Shenzhen-nya Indonesia.

Shenzhen adalah kota besar di Provinsi Guangdong, berada di utara Hong Kong. Shenzhen merupakan satu dari lima kota terbesar dan terkaya di China. Pada 1980, Shenzhen ditetapkan sebagai Zona Ekonomi Khusus pertama di negara Panda itu.

James menjelaskan untuk tahap pertama, pembangunan dilakukan di atas lahan seluas 22 juta meter persegi di luar lahan parkir. Pembangunan di tingkat awal ini diharuskan selesai dalam tiga tahun.

Di tahap pertama, Lippo bakal membangun 400 ribu rumah yang ditargetkan rampung pada 2020. Sebelum itu, sekitar 50 gedung perkantoran dan apartemen direncanakan siap huni pada Desember 2018.

Pengerjaan proyek raksasa ini melibatkan lebih dari 85 ribu pekerja dari 30 kontraktor dalam negeri. Mereka digerakkan untuk membangun beragam fasiltas, seperti pusat belanja, rumah sakit, dan sekolah.



James menerangkan akan ada tujuh mal dengan total luas 1,5 juta meter persegi dibangun di Meikarta. Selain itu, juga akan didirikan sekitar seratus sekolah dasar dan 50 sekolah menengah pertama serta sekolah menengah atas. Fasilitas lain disiapkan adalah tiga universitas, pusat riset, dan beberapa rumah sakit.

Dia menekankan Meikarta nantinya merupakan kota indah dan lengkap dilengkapi sistem transportasi berlapis dan taman utama menjadi paru-paru kota.

Dia memastikan 60 persen hunian di Meikarta akan diperuntukan bagi konsumen kelas menengah ke bawah. Hal ini diperlihatkan dengan sejumlah kemudahan dalam memiliki rumah atau apartemen, yakni kredit berjangka 20-25 tahun dengan bunga mulai 8,25 persen, dan uang muka sepuluh persen.

"Harapan kami adalah menjadi solusi daripada 16 juta defisit perumahan yang ada sekarang di Indonesia. Pasar Meikarta ini adalah seluruh Indonesia. Mereka mencari pekerjaan, di sanalah lapangan kerja diciptakan. Membangun keluarga baru, di sanalah tempatnya. Ini melebihi daripada kota-kota lain telah dibangun," kata James.

James mengharapkan proyek Meikarta ini bisa menginspirasi para pengusaha lainnya untuk membangun kota-kota baru. Dia menambahkan sudah sepuluh tahun para pengusaha properti kelas kakap tidak meluncurkan proyek raksasa. [fw/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG