Tautan-tautan Akses

AS

Lima Warga AS yang Dibebaskan Iran Telah Berangkat


Salah satu tahanan Amerika yang dibebaskan Iran Amir Mirzaei Hekmati. Hekmati dituduh Iran sebagai mata-mata CIA.

Salah satu tahanan Amerika yang dibebaskan Iran Amir Mirzaei Hekmati. Hekmati dituduh Iran sebagai mata-mata CIA.

Sebuah pesawat yang membawa beberapa warga Amerika yang dibebaskan oleh Iran dalam rangka pertukaran tahanan dengan Amerika Serikat telah lepas landas dari Teheran.

Di antara mereka yang sedang dalam penerbangan ke Swiss itu adalah wartawan Washington Post Jason Rezaian, bekas mariner Amerika Amir Mirzaei Hekmati, dan pendeta Kristen Saeed Abedini. Para priya tersebut kemudian akan terbang menuju sebuah rumah sakit militer Amerika di Jerman untuk perawatan medis.

Rezaian didampingi oleh isterinya, wartawan Yeganeh Salehi, dan ibunya.

Pembebasan 4 warga Amerika itu diumumkan hari Sabtu, hanya beberapa jam sebelum diplomat Iran dan Barat di Wina mengumumkan pelaksanaan perjanjian nuklir antara negara-negara Barat dan Iran.

Dengan mengutip seorang pejabat Amerika yang tidak disebut namanya, Reuters melaporkan bahwa warga Amerika yang ke-4, Nosratollah Khosravi-Roodsari, tidak turut dalam pesawat yang berangkat dari Teheran tadi. Pernyataan sebelumnya Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan “orang-orang yang ingin berangkat dari Iran telah berangkat.”

Warga Amerika yang ke-5, mahasiswa bahasa Matthew Trevithick, dibebaskan secara terpisah hari Sabtu setelah ditahan sejak menjelang akhir tahun 2015. Seorang pejabat tinggi Amerika mengatakan ia telah berangkat dari Iran, menurut harian Washington Post. [gp]

XS
SM
MD
LG