Tautan-tautan Akses

5 Orang Tewas dalam Serangan di Baghdad, Irak


Pasukan keamanan Irak memeriksa lokasi serangan di Irak selatan (foto: dok). Irak masih terus dilanda kekerasan.

Pasukan keamanan Irak memeriksa lokasi serangan di Irak selatan (foto: dok). Irak masih terus dilanda kekerasan.

Sedikitnya 5 orang tewas akibat berbagai serangan di ibukota Irak, hari Minggu, yang menarget pasukan keamanan dan warga Muslim Syiah.

Lima orang tewas akibat berbagai serangan di ibukota Irak, hari Minggu, yang menarget pasukan keamanan dan warga muslim Syiah, dalam kekerasan-kekerasan kecil namun terus berlangsung di seantero negara itu.

Para korban adalah target utama pemberontak Sunni yang berusaha menggoyahkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah yang dipimpin golongan Syiah, dan menghidupkan kembali pertikaian antargolongan yang luas, yang membawa Irak di ambang perang saudara beberapa tahun silam.

Dalam serangan maut hari Minggu, sebuah minibus meledak di kawasan permukiman Syiah, Sadr City. Menurut polisi, tiga penumpang tewas dan tujuh lainnya luka-luka akibat serangan tengah hari di kawasan penduduk paling miskin di Baghdad yang merupakan kubu pertahanan milisi Syiah yang biasa bertempur melawan pemberontak Sunni.

Beberapa jam kemudian, para pejabat mengatakan kawanan bersenjata membunuh seorang jenderal polisi federal dan stafnya dalam penembakan di jalan raya di bagian barat Baghdad. Polisi mengatakan Brigjen Naif Abdul-Razzaq dan supirnya sedang dalam perjalanan pulang sewaktu diteimbak. Kawanan bersenjata itu lolos sebelum dapat ditangkap, ujar polisi.

Petugas medis di rumah mengukuhkan tentang korban tewas dalam kedua insiden itu. Belum ada kelompok yang mengaku bertanggungjawab.

Semua pejabat berbicara dengan syarat nama mereka tidak disebut karena mereka tidak berwenang untuk mengungkap informasi itu.
XS
SM
MD
LG