Tautan-tautan Akses

5 Tewas Dalam Bentrokan Sektarian di Nigeria Timur


Konflik sektarian muncul di Nigeria timur menyusul perselisihan mengenai hak penggunaan lapangan sepakbola. (Foto: Ilustrasi)

Konflik sektarian muncul di Nigeria timur menyusul perselisihan mengenai hak penggunaan lapangan sepakbola. (Foto: Ilustrasi)

Sedikitnya lima orang tewas di Nigeria timur setelah perselisihan tentang lapangan sepak bola menyebabkan bentrokan antara warga Kristen dan Muslim.

Para pejabat di Wukari, sebuah kota di negara bagian Taraba, mengatakan kekerasan dimulai Sabtu (23/2) ketika dua tim sepak bola berselisih atas hak menggunakan lapangan bermain. Seorang pemain tewas dan perkelahian dengan cepat menyebar ke daerah-daerah sekitarnya, menyebabkan bangunan-bangunan rumah tinggal, masjid dan gereja dibakar habis. Sedikitnya lima orang tewas dalam perselisihan ini.

Pihak berwenang mengirim pasukan keamanan untuk memulihkan ketertiban dan memberlakukan larangan keluar rumah 24 jam di Wukari.

Wukari terletak di wilayah yang membagi Nigeria utara yang sebagian besar Muslim dan Nigeria selatan yang didominasi Kristen. Daerah itu sering mengalami bentrokan antaragama.

Dalam aksi kekerasan lainnya, enam orang tewas dalam serangan oleh tersangka militan Islamis Sabtu di negara bagian Yobe, Nigeria timur laut.
XS
SM
MD
LG