Tautan-tautan Akses

13 Tewas akibat Gempa Kuat Dekat Perbatasan Iran-Pakistan


Warga di kota Karachi, Pakistan keluar dari gedung setelah gempa yang berpusat di Iran terasa di Karachi (16/4).

Warga di kota Karachi, Pakistan keluar dari gedung setelah gempa yang berpusat di Iran terasa di Karachi (16/4).

Survei Geologi Amerika memperkirakan, gempa itu berkekuatan 7,8 pada Skala Richter dan berpusat dekat kota Khash dan kota Saravan Iran.

Gempa berkuatan tinggi mengguncang kawasan perbatasan Iran dan Pakistan, menewaskan sedikitnya 13 orang di wilayah Pakistan.

Menurut Survei Geologi Amerika, gempa hari Selasa itu berkekuatan 7,8 skala Richter – menjadikannya salah satu yang terkuat di sana dalam 40 tahun ini. Dikatakannya, gempa terjadi pukul 3.14 sore waktu Iran dekat kota Khash dan Saravan di propinsi Sistan dan Baluchistan, Iran.

Gubernur propinsi itu, Hatam Narouyi, mengatakan kepada media Iran sepengetahuannya tidak ada korban tewas di Iran karena pusat gempa berada di daerah berpenduduk sedikit. Ia mengatakan beberapa orang cedera dan dibawa ke rumah sakit. Mengingat kawasan itu terpencil, laporan awal sulit untuk diverifikasi.

Pihak berwenang Pakistan mengatakan ratusan rumah roboh di propinsi Balochistan. Mereka mengatakan 13 orang tewas di distrik Mashkeel dan distrik Panjgur, sementara banyak lainnya cedera.

Iran rawan gempa karena terletak di atas beberapa lempengan bumi utama. Minggu lalu, gempa berkekuatan sekitar 6 skala Richter mengguncang kota Bushehr, di Iran baratdaya, menewaskan paling tidak 37 orang.
XS
SM
MD
LG