Tautan-tautan Akses

Lima Orang Didakwa Merencanakan Serangan Teror di Australia


Wakil Komisaris Polisi Federal Australia Michael Phelan (kanan) saat konferensi pers di Sydney, 11 Februaru 2015. (Foto: dok.)

Wakil Komisaris Polisi Federal Australia Michael Phelan (kanan) saat konferensi pers di Sydney, 11 Februaru 2015. (Foto: dok.)

Pihak berwenang Australia hari Kamis (10/12) mendakwa seorang remaja dan empat laki-laki yang diduga merencanakan serangan teror terhadap beberapa bangunan pemerintah, termasuk markas Polisi Federal Australia di Sidney, dan terhadap warga sipil.

Sebelumnya, polisi menangkap seorang remaja berusia 15 tahun dan seorang laki-laki berusia 20 tahun dari Sidney barat dan mendakwa mereka dengan tuduhan melakukan “konspirasi untuk merencanakan serangan teror,” kata Wakil Komisaris Polisi Federal Australia Michael Phelan kepada wartawan.

Tiga laki-laki lainnya, yang dipenjara karena dakwaan terkait terorisme terpisah, didakwa terlibat dalam plot itu, kata polisi. Apabila terbukti, semuanya diancam hukuman penjara seumur hidup.

Catherine Burn, wakil komisaris polisi negara bagian mengatakan dalam konferensi pers yang sama bahwa sangat mengkhawatirkan melihat seorang remaja didakwa sebagai orang dewasa dengan “tuduhan pelanggaran sangat serius.”

Polisi Australia secara rutin mengadakan penggerebekan di seluruh negara itu sejak pemerintah meningkatkan status siaga terorisme di negara itu bulan September 2014 untuk menanggapi ancaman domestik oleh para pendukung radikal ISIS. [vm/ds]

XS
SM
MD
LG