Tautan-tautan Akses

Lima Negara Kecam Keharusan Orang Eropa Pimpin IMF


Menteri Keuangan Perancis, Christine Lagarde merupakan calon terkuat untuk menggantikan Dominique Strauss-Kahn.

Menteri Keuangan Perancis, Christine Lagarde merupakan calon terkuat untuk menggantikan Dominique Strauss-Kahn.

Negara-negara BRICS: Brazil, Rusia, India, Tiongkok dan Afrika Selatan mengeluarkan pernyataan bersama hari Selasa.

Negara-negara ekonomi besar yang baru bangkit mengecam cengkeraman kuat Eropa yang sudah puluhan tahun pada jabatan tertinggi IMF, sementara tampaknya bahwa menteri keuangan Perancis sedang memperkuat keunggulannya untuk menggantikan Dominique Strauss-Kahn.

Brazil, Rusia, India, Tiongkok dan Afrika Selatan mengeluarkan pernyataan bersama hari Selasa yang mengecam badan internasional itu karena menyarankan agar pemimpin berikut harus orang Eropa lagi.

Komisaris dari ke-5 negara mengatakan dalam pernyataan bersama yang pertama mereka bahwa pilihan sebaiknya didasarkan pada kemampuan, bukan kebangsaan. Mereka menyerukan ditinggalkannya konvensi tak tertulis yang sudah usang itu, tetapi mereka tidak menyarankan seorang wakil dari mereka.

Strauss-Kahn meletakkan jabatan bulan ini setelah ditangkap di New York atas tuduhan pelanggaran seksual.

Para pemimpin Uni Eropa, yang dipimpin oleh Kanselir Jerman Angela Merkel, menegaskan bahwa mereka menghendaki orang Eropa lagi untuk pemimpin kreditor internasional itu pada saat lembaga itu membantu Yunani, Irlandia dan Portugal untuk menanggulangi masalah hutang.

Menteri Keuangan Perancis Christine Lagarde telah muncul sebagai calon terkuat untuk jabatan itu dan diperkirakan akan mengumumkan pencalonannya hari ini.

XS
SM
MD
LG