Tautan-tautan Akses

Lima Negara Bagian AS Selenggarakan Pemilihan Pendahuluan


Para calon pemilih berjalan menuju TPS untuk mengikuti pemilihan pendahuluan di Boca Raton, Florida (15/3).

Para calon pemilih berjalan menuju TPS untuk mengikuti pemilihan pendahuluan di Boca Raton, Florida (15/3).

Dua jajak pendapat baru yang dirilis hari Senin (14/3) menunjukkan Trump memimpin dengan sedikitnya 17 persen di sana di atas penantang terdekatnya, Senator Florida Marco Rubio.

Pemilih di lima negara bagian AS menentukan pilihan mereka hari Selasa ini (15/3) dalam pemilihan pendahuluan presiden, selagi kandidat terdepan Donald Trump dari Partai Republik dan Hillary Clinton dari Partai Demokrat berusaha memperkuat keunggulan mereka, sementara mereka yang tertinggal di belakang berusaha menyuntikkan kehidupan baru ke dalam kampanye mereka.

Florida merupakan negara bagian penting dalam pemungutan suara hari Selasa (15/3) di mana pemenang dari Partai Republik akan mendapatkan 99 delegasi. Dua jajak pendapat baru yang dirilis hari Senin (14/3) menunjukkan Trump memimpin dengan sedikitnya 17 persen di sana di atas penantang terdekatnya, Senator Florida Marco Rubio, yang sangat membutuhkan kemenangan untuk meningkatkan pencalonannya.

Negara bagian lain yang perlu diamati adalah Ohio, di mana Trump terkunci dalam persaingan ketat dengan Gubernur negara bagian itu John Kasich. Mitt Romney, calon Partai Republik tahun 2012 yang dikalahkan oleh Presiden Barack Obama, bergabung dengan Kasich di tempat-tempat kampanye di Ohio dalam upaya untuk mencegah Trump menang di negara bagian itu dengan 66 delegasinya.

Di negara bagian North Carolina, Missouri dan Illinois, Trump unggul tipis dalam jajak pendapat dan Senator Texas Ted Cruz berada di tempat kedua. [lt]

XS
SM
MD
LG