Tautan-tautan Akses

AS

5 Gubernur AS Tolak Terima Pengungsi Suriah


Kandidat capres AS dari partai Republik, Senator Ted Cruz (foto: dok). Ted Cruz menyarankan agar hanya pengungsi Kristen Suriah yang diperbolehkan masuk ke Amerika dan bukan Muslim.

Kandidat capres AS dari partai Republik, Senator Ted Cruz (foto: dok). Ted Cruz menyarankan agar hanya pengungsi Kristen Suriah yang diperbolehkan masuk ke Amerika dan bukan Muslim.

Lima gubernur Amerika telah menyatakan akan menolak pengungsi Suriah bermukim di negara bagian mereka setelah serangan teror di Paris.

Lima gubernur Amerika menolak pengungsi Suriah bermukim di negara bagian mereka setelah serangan-serangan di Paris, meskipun Presiden Obama hari Senin (16/11) mengatakan tidak berniat mengakhiri rencananya untuk menerima 10 ribu pengungsi dari negara yang dikoyak perang itu masuk ke Amerika.

Pihak berwenang Eropa mendapati sekurangnya satu dari penyerang hari Jumat di Paris menyusup ke Eropa di antara ribuan warga Suriah yang melarikan diri dari perang saudara di negara itu.

Obama dalam konferensi pers di Turki mengatakan pengungsi Suriah hanya diperbolehkan masuk ke Amerika “setelah melalui pemeriksaan dan keamanan yang ketat.”

Ia mengatakan bahwa menutup pintu bagi pengungsi merupakan pengkhianatan pada nilai-nilai Amerika. Obama mengecam saran kandidat calon Presiden Amerika dari Partai Republik, Senator Ted Cruz yang mengatakan hanya penganut Kristen Suriah yang diperbolehkan masuk ke Amerika dan bukan Muslim sebagai “memalukan dan tidak mencerminkan nilai-nilai Amerika.”

Gubernur Rick Snyder mengatakan negara bagian Michigan, di bagian tengah utara Amerika sejak lama menerima imigran tapi melindungi keamanan penduduknya adalah prioritas utama.

Gubernur lainnya, Greg Abbott dari negara bagian Texas dalam surat kepada Presiden Obama mengatakan ia tidak percaya pemerintah federal bisa melakukan “pemeriksaan keamanan sebagaimana layaknya”.

Gubernur Robert Bentley dari negara bagian Alabama mengatakan tidak akan mematuhi kebijakan yang membahayakan warga Alabama.

Gubernur di dua negara bagian lainnya, Louisiana dan Arkansas juga menyampaikan tentangan mengenai rencana pemerintah mengenai pengungsi Suriah. [my/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG