Tautan-tautan Akses

5 Aktivis di China Ditahan Menjelang Hari Perempuan Internasional


Kota Hangzhou di China, tempat para aktivis perempuan ditangkap.

Kota Hangzhou di China, tempat para aktivis perempuan ditangkap.

Para perempuan itu tadinya telah berencana memperingati Hari Perempuan Internasional dengan memasang selebaran-selebaran mengenai pelecehan seksual di Beijing, Hangzhou dan Guangzhou.

Sebuah organisasi hak perempuan di China mengatakan lima orang aktivis perempuan masih dalam tahanan polisi setelah pihak berwenang menahan sedikitnya delapan aktivis di seluruh negara itu menjelang Hari Perempuan Internasional.

Anggota Dewan Pusat Perempuan, Lu Jun mengatakan Senin (9/3) bahwa para aktivis yang ditahan adalah termasuk Li Tingting, Wei Tingting, Wang Man dan Wu Rongrong, pendiri dan direktur organisasi hak perempuan yang berbasis di Hangzhou. Lu mengatakan para pengacara mereka belum dapat menghubungi mereka sejak penahanan mereka Jumat.

Lu mengatakan para perempuan itu tadinya telah berencana memperingati Hari Perempuan Internasional dengan memasang selebaran-selebaran mengenai pelecehan seksual di Beijing, Hangzhou dan Guangzhou. Ia mengatakan para aktivis itu sebelumnya telah memperingati hari itu tanpa gangguan.

Polisi di Beijing dan Guangzhou tidak menjawab permohonan akan tanggapan.

XS
SM
MD
LG