Tautan-tautan Akses

Liga Bisbol di North Carolina Bentuk Tim untuk Penyandang Cacat


Special Needs Baseball atau bisbol untuk mereka yang berkebutuhan khusus memberi kesempatan kepada anak seperti True yang berkaki palsu untuk bermain olah raga itu (foto: Dok).

Special Needs Baseball atau bisbol untuk mereka yang berkebutuhan khusus memberi kesempatan kepada anak seperti True yang berkaki palsu untuk bermain olah raga itu (foto: Dok).

Liga bisbol untuk pemain dengan kebutuhan khusus di negara bagian North Carolina menyatakan syarat utama bermain dalam liga itu hanyalah keinginan untuk bermain.

Jika gambar mampu mengungkap seribu kata, maka gambar ini mengungkap banyak hal - tentang sukacita anak-anak yang ikut dalam tim. Tetapi, sampai beberapa tahun lalu, tidak semua orang di Hendersonville, North Carolina, punya tim yang memberi kesempatan ikut bermain, termasuk seorang anak bernama True.

Melanie, Ibu True, mengatakan, "Ini favorit saya karena dia sangat ingin bermain bisbol."

True datang ke Amerika pada usia dua tahun dari Siberia, Rusia. Ia dengan cepat menjadi penggemar olahraga, seperti kakaknya Bradshaw dan seluruh keluarga angkatnya.

"True mencintai bisbol. Ia senang olahraga, kegiatan apapun di udara terbuka. Selama bertahun-tahun ia menonton adiknya bermain bisbol. Ia duduk di pinggir lapangan dan memberinya semangat. Ia selalu ingin ikut bermain," tutur Melanie lagi.

Jadi, Melanie, mengungkapkan, keluarganya sangat senang mengetahui tentang Special Needs Baseball atau bisbol untuk mereka yang berkebutuhan khusus. Donnie Jones ikut mendirikan liga itu bersama kakaknya, Chat.

Ia menuturkan,”Sudah lebih dari 15 tahun saya melatih liga kecil. Tetapi dalam pertandingan, saya melihat anak-anak yang hanya menonton kakak atau adik bermain. Saya ingin mereka turun ke lapangan dan ikut bermain. Suatu ketika keinginan itu datang begitu saja, menurut saya, tidak akan ada kesempatan bagi mereka untuk bermain kecuali pada Olimpiade Khusus, yang tidak mungkin bagi sebagian besar mereka."

Chat, kakak Donnie, meninggal baru-baru ini dan ia sedih menggambarkan betapa berarti bagi pemain Berkebutuhan Khusus untuk ikut tim seperti saudara-saudara mereka. Tidak ada batasan usia atau kemampuan untuk ikut dalam liga khusus itu sehingga jumlah anggotanya berlipat ganda dalam satu tahun, dari 40 menjadi hampir 80 pemain.

"Siapapun yang ingin bermain, tidak peduli tingkat kemampuan, kami akan carikan cara supaya mereka bisa berpartisipasi penuh. Saya menikmati berada di sana lebih dari apapun yang telah saya lakukan. Maksud saya, itu hal paling menyenangkan yang pernah saya alami di lapangan bisbol,” tutur Donnie Jones lagi.

Dibutuhkan banyak sukarelawan dan dukungan keluarga untuk mengajak pemain ke lapangan. Tetapi bagi mereka yang terlibat, permainan itu memberi kepuasan tersendiri.

Melanie mengatakan tidak ragu-ragu mendaftarkan True masuk tim bisbol, meskipun ia berkaki palsu. Malah, kata Melanie, True bangga pada kakinya, seperti dalam lakon film Star Wars.

Bisbol bagi anak-anak berkebutuhan khusus di North Carolina ini dimulai pada musim semi 2011, walau Donnie sudah memikirkannya bertahun-tahun sebelumnya. Tetapi, ia tidak tahu cara mewujudkannya. Yang ia tahu hanyalah - ia tidak ingin anak-anak itu membayar.

Enam tim bersaing dalam liga, tetapi semua orang adalah pemenang pada akhir musim pertandingan.

Setiap orang yang bermain mendapat piala, tetapi pada pertandingan terakhir, ada juga beberapa medali yang dibagikan kepada mereka yang paling banyak mengumpulkan nilai dari masing-masing tim. Tentu saja, itu tidak penting karena yang penting adalah kepuasan bisa bermain dan kepuasan atas pencapaian.
XS
SM
MD
LG